Valentino Rossi Disebut Akan Tunda Pensiun demi MotoGP Mandalika 2021

Kompas.com - 05/11/2019, 20:40 WIB
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat bersiap-siap menjalani sesi latihan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 26 Oktober 2019. AFP/PETER PARKSPebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat bersiap-siap menjalani sesi latihan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 26 Oktober 2019.

KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mendapat kabar bahwa Valentino Rossi siap menunda pensiun jika balapan MotoGP Mandalika di Lombok, Indonesia, benar-benar terealisasi pada 2021.

Hal itu diungkapkan Abdulbar seusai pertemuannya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (5/11/2019) sore.

Informasi Rossi menunda pensiun jika MotoGP Mandalika terealisasi pada 2021 diketahui dari pihak Dorna Sport (penyelenggara MotoGP) saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu.

Baca juga: Menpora Dapat Jaminan ITDC, Sirkuit MotoGP Mandalika Rampung Tepat Waktu

"Saat bertemu dengan Presiden di Istana Bogor, mereka (Dorna) menyebut Rossi akan memundurkan pensiunnya setahun lagi jika MotoGP di Mandalika terealisasi tepat waktu (2021)," kata Abdulbar kepada para awak media.

"Namun, asalkan Rossi-nya jangan sampai cedera saja yang membuat rencana ini terhambat. Semua tergantung kondisi Rossi, sehat atau tidak," tutur Abdulbar.

Valentino Rossi memang masih terikat kontrak dengan tim pabrikan Yamaha hingga tahun 2020.

Sejauh ini, belum ada kepastian mengenai kelanjutan karier pebalap asal Italia tersebut saat kontraknya selesai pada 2020.

Baca juga: Selain Marc Marquez, Valentino Rossi Juga Apresiasi Lewis Hamilton

Abdulbar menyebut Rossi memang disebut tertarik dengan rencana Indonesia menggelar balapan MotoGP di Mandalika, Lombok.

Terlebih lagi, Abdulbar memastikan Sirkuit Mandalika sebagai lintasan yang indah karena dekat dengan Pantai Kuta Lombok serta pegunungan.

Indonesia sebenarnya pernah menjadi penyelenggara balapan grand prix motor pada tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: MotoGP Malaysia, Valentino Rossi Masih Cetak Rekor Baru

Kala itu, pebalap legendaris MotoGP seperti Mick Doohan pernah menjajal balapan di sana, tepatnya di kelas 500cc.

Rossi juga pernah balapan di Sirkuit Sentul, tetapi saat itu dia masih membalap di kelas 125cc.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X