Spanduk Pecel Lele hingga Obat Kuat Jadi Cara Jakmania Kritik Persija

Kompas.com - 16/09/2019, 18:20 WIB
Aneka spanduk lucu dan unik yang dipasang para The Jakmania saat pertandingan Persija vs PSIS di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (16/9/2019). Dok. TwitterAneka spanduk lucu dan unik yang dipasang para The Jakmania saat pertandingan Persija vs PSIS di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (16/9/2019).

KOMPAS.com - Ada pemandangan yang tak biasa dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2019 antara Persija Jakarta dan PSIS Semarang di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Minggu (16/9/2019).

Jika biasanya suporter sepak bola memasang spanduk yang berisi tulisan atau gambar dukungan untuk tim kesayangan mereka, The Jakmania (pendukung Persija) justru sebaliknya.

Saat laga Persija vs PSIS kemarin, The Jakmania justru memajang aneka spanduk yang sebagian besar tak ada kaitannya dengan sepak bola.

Baca juga: Dua Capaian Terkini Timnas Olahraga Breaking Indonesia

Seperti yang telah beredar luas di media sosial, para The Jakmania justru memasang spanduk yang biasanya ditemui di jalan umum.

Beberapa contohnya yakni spanduk yang biasa dipakai oleh pedangang makanan kaki lima, seperti pecel lele.

Bahkan, ada pula yang memasang spanduk bermuatan iklan-iklan properti, hingga iklan obat kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekretaris Jenderal The Jakmania, Diky Soemarno, menyatakan bahwa apa yang dilakukan para suporter adalah bentuk kritik mereka terhadap klub.

Mereka prihatin karena Persija kerap mendulang hasil negatif yang membuat tim asuhan Julio Banuelos kini menduduki papan bawah klasemen Liga 1 2019.

"Intinya, ini adalah bentuk kebingungan kami untuk mendukung Persija, karena dikasih spanduk dukungan, malah enggak menang-menang," ujar Diky kepada Kompas.com, Senin (16/9/2019).

"Dikasi spanduk kritikan, Persija malah baper. Jadi, ya sekalian saja, kami kasih spanduk yang enggak ada kaitannya sama sepak bola," tutur dia melanjutkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X