Hari Ini dalam Sejarah: Final Piala Dunia Pertama Digelar di Uruguay

Kompas.com - 30/07/2019, 12:15 WIB
Piala Dunia FIFA pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930, dengan laga final yang mempertemukan tim tuan rumah, Uruguay dengan Argentina. 
Dok. FIFAPiala Dunia FIFA pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930, dengan laga final yang mempertemukan tim tuan rumah, Uruguay dengan Argentina.
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Piala Dunia merupakan event olahraga terbesar di dunia. Menurut FIFA yang merupakan asosiasi sepak bola dunia, Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia tercatat ditonton oleh lebih dari setengah populasi di bumi.

Lebih dari 3,5 miliar orang menonton Piala Dunia 2018, baik itu melalui siaran langsung di televisi atau siaran tunda melalui berbagai platform siaran. 

Jumlah penonton Piala Dunia saat ini tentu jauh lebih fantastis jika dibanding dengan penyelenggaraan pertamanya.

Pada hari ini, tepatnya 30 Juli 1930, pertandingan final turnamen Piala Dunia FIFA untuk kali pertama digelar. Pertandingan ini mempertemukan tim tuan rumah, Uruguay dengan Argentina.

Turnamen sepakbola perdana

Sebelum rangkaian pertandingan ini digelar, terdapat enam negara melamar menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA perdana. Enam negara tersebut adalah Italia, Hungaria, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Uruguay.

Melansir situs FIFA, Selasa (30/7/2019), pilihan lalu jatuh ke Uruguay. Meski begitu, pemilihan negara Amerika Latin ini menuai kritik dan menyebabkan beberapa negara menarik diri dari turnamen.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Komentar Sepak Bola Disiarkan Perdana

Terlepas dari masalah tersebut, Piala Dunia FIFA akhirnya tetap digelar di Uruguay. Laga final sendiri mempertemukan tuan rumah dengan tetangganya, Argentina.

Menurut History, kedua negara ini merupakan tim favorit selama gelaran turnamen berlangsung.

Uruguay berhasil masuk ke final setelah perkasa sejak awal turnamen. Tim yang kini punya julukan Los Charrúas ini mengalahkan Peru dengan skor 1-0, lalu berhasil menyarangkan 4 gol tak berbalas ke gawang Rumania.

Untuk melaju ke final, Uruguay mengalahkan Yugoslavia dengan skor 1-0.

Sementara perjalanan turnamen Argentina diawali ketika dikalahkan Perancis 1-0 di Grup 1.

Setelah itu, tim ini berhasil mengalahkan Meksiko dengan hasil 6-3 dan Chili dengan skor 3-1.

Di laga semi final, Argentina berhadapan dengan Amerika Serikat dan berhasil menuai kemenangan dengan hasil 6-1.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X