PSSI: Kami Paling Dirugikan dengan Insiden Final Piala Indonesia

Kompas.com - 29/07/2019, 05:40 WIB
Suporter PSM Makassar yang sudah duduk di tribune utama Stadion Mattoangin, Makassar, jelang laga final leg kedua Piala Indonesia, Minggu (28/7/2019), yang akhirnya ditunda. KOMPAS.com/Firzie A. IdrisSuporter PSM Makassar yang sudah duduk di tribune utama Stadion Mattoangin, Makassar, jelang laga final leg kedua Piala Indonesia, Minggu (28/7/2019), yang akhirnya ditunda.

KOMPAS.com - Laga kedua final Piala Indonesia 2019 terpaksa ditunda hanya beberapa jam sebelum pertandingan PSM Makassar vs Persija Jakarta dijadwalkan bergulir pada Minggu (28/7/2019) sore WITA.

Pihak PSSI, melalui Deputi Sekjen Bidang Pengembangan Bisnis Marshal Masita mengatakan kalau penundaan laga PSM vs Persija ini mempunyai dampak besar ke organisasi mereka.

Keputusan PSSI untuk menunda partai puncak tersebut berdasarkan permintaan Persija Jakarta menuai kritik tajam di media sosial.

Baca Juga: Final Piala Indonesia PSM VS Persija Ditunda, Serupa Final Copa Libertadores 2018

Namun, PSSI menilai kalau mereka juga menjadi korban dalam penundaan ini.

"Ujung-ujung publik mungkin bakal bilang bahwa PSSI yang menjadi biang onar. Kami langganan lah. Namun, apabila berbicara soal pihak-pihak terkait, PSSI dalam hal ini pihak paling dirugikan," ujar Marshal secara eksklusif kepada Kompas.com dan Antara beberapa jam setelah pertandingan dipastikan batal.

"Kami yang menghadapi sponsor karena sponsor turnamen ini dari PSSI. Kami yang menghadapi pihak televisi, tadi jam 1 siang saya telepon televisi untuk tayangan yang mereka siap on air pukul 15.30," lanjutnya.

"Slot itu sudah disiapkan. Bukan hanya slot, tayangan itu sudah ada komitmen iklan, tadi saya sudah mencoba menjelaskan dan mereka mengerti."

Menurutnya, reputasi PSSI di hadapan para sponsor juga sangat terkena dampak dari penundaan laga yang ditunggu-tunggu seperti final leg kedua Piala Indonesia ini.

"Sponsor pasti akan bertanya, 'ini jelas ga sih kapan finalnya?". Mereka bahkan mungkin sudah investasi miliaran untuk atribut sponsor," ujarnya.

Baca Juga: Final Piala Indonesia - Dialog, Ganti Rugi, dan Sambutan Legenda ke Suporter PSM di Stadion Mattoangin

"Tadi kami meminta sponsor evakuasi sekitar jam 14.00, minta tolong agar mereka meninggalkan stadion sebagai antisipasi adanya kerusuhan," lanjut Marshal lagi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X