Satu Dekade Tim Termuda Bundesliga, Mengejar Sukses di Kompetisi Eropa

Kompas.com - 23/07/2019, 16:00 WIB
Keriuhan penonton pada pertandingan RB Leipzig vs TSG 1899 Hoffenheim di Red Bull Arena, 25 Februari 2019. KOMPAS.com/JALU W WIRAJATIKeriuhan penonton pada pertandingan RB Leipzig vs TSG 1899 Hoffenheim di Red Bull Arena, 25 Februari 2019.

KOMPAS.com - Pada 2016 menjadi tahun bersejarah bagi warga Saxony, sebuah negara bagian di Jerman Timur.

Setelah 22 tahun tak memiliki wakil di liga teratas Bundesliga, akhirnya mereka bisa berbangga dan menaruh harapan pada klub yang pada saat itu masih berusia tujuh tahun untuk berpentas bersama klub-klub terbaik lainnya di Jerman.

Klub tersebut adalah RasenBallsport Leipzig.

Tanggal 19 Mei 2019  pun diperingati sebagai tahun kesepuluh perjalanan RB Leipzig mencatatkan prestasi-prestasi kecil di sepak bola Jerman yang kelak menjadi kebanggaan Saxony.

Baca juga: Menang Telak atas RB Leipzig, Bayern Muenchen Juarai DFB Pokal 2019

Sejarah sepak bola Jerman Timur terbentang jauh sebelum lahirnya RB Leipzig. Bahkan faktanya, Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) sendiri dibentuk di kota Leipzig, tepatnya pada 28 Januari 1900.

Beberapa klub lokal pun lahir dan lebur seiring berjalannya waktu hingga pada tahun 1993, untuk kali pertamanya klub asal Saxony tercatat menembus kasta tertinggi Bundesliga dalam rupa VfB Leipzig.

Kendati demikian, VfB hanya bertahan selama semusim sebelum terlempar lagi ke divisi dua.

Masalah finansial memaksa mereka berganti nama menjadi Lokomotive Leipzig pada 2004 dan harus bermain dari kasta kelima, NOFV-Oberliga Sud.

Baca juga: Ini 10 Transfer Termahal Bundesliga

Red Bull GmbH, perusahaan asal Austria yang aktif bersponsor di bidang olahraga, berinisiatif untuk merevolusi sepak bola di kota Leipzig dengan membeli lisensi bermain SSV Markranstadt.

SV Markranstadt adalah sebuah klub kecil yang bermarkas 13 kilometer di sebelah barat Leipzig.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X