Muhammad Zohri Belum Tentu Berangkat ke SEA Games 2019

Kompas.com - 04/07/2019, 13:20 WIB
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak semifinal lari 100 meter putra Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (26/8/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak semifinal lari 100 meter putra Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (26/8/2018).

KOMPAS.com - Sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, belum tentu bisa berangkat ke SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina, pada 30 November-11 Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung.

Tigor Tanjung mengatakan belum bisa memastikan keikutsertaan Zohri pada kejuaraan atletik terbesar di Asia Tenggara itu.

Baca juga: Zohri Pun Berlatih Lagi

Menurut Tigor, Zohri belum tentu mempunyai cukup waktu untuk recovery karena pada 28 September-6 Oktober 2019, atlet asli Nusa Tenggara Barat itu akan turun pada Kejuaraan Dunia 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar.

"Begitu kami tahu SEA Games pada Desember 2019, rasanya sulit karena waktu pelaksanaannya jatuh pada masa istirahat Zohri seusai Kejuaraan Dunia Atletik 2019," kata Tigor, seperti dilansir BolaSport.

Tigor menjelaskan bahwa setiap atlet akan menjalani periode latihan selama beberapa waktu untuk menghadapi turnamen olahraga.

Setelah turnamen selesai, mereka akan menjalani masa istirahat sebelum memulai periode latihan berikutnya.

"Dari teori kepelatihan, sangat sulit untuk atlet berlatih dalam waktu panjang dan keras. Tidak mungkin dipaksakan," ucapnya.

Baca juga: Di Balik Kelolosan Lalu Muhammad Zohri ke Olimpiade Tokyo 2020

"Waktu itu, kami sudah proyeksikan dan rapatkan dengan pelatih soal pemain yang diproyeksikan ke SEA Games dan Kejuaraan Dunia. Zohri kami proyeksikan untuk Kejuaraan Dunia," ujar Tigor.

Mengacu pada hal tersebut, Tigor tidak ingin memaksakan Zohri untuk berlaga di Filipina.

Terlebih lagi, peraih juara World U20 Championship nomor lari 100 meter itu akan berlaga di Olimpiade 2020 di Tokyo.

"Secara teknis kepelatihan, sulit membuat Zohri bisa maksimal pada SEA Games karena dia bukan robot. Apalagi, dia juga akan ke Olimpiade dan kami maunya dia berprestasi di sana," kata Tigor. (Lariza Oky Adisty)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya