5 Fakta Laga Belanda Vs Inggris, Sejarah Pertama Sejak 1907

Kompas.com - 07/06/2019, 05:53 WIB
Matthijs de Ligt dan Marcus Rashford berebutan bola pada laga Belanda vs Inggris dalam semifinal UEFA Nations League di Stadion D. Alfonso Henriques, 6 Juni 2019. AFP/MIGUEL RIOPAMatthijs de Ligt dan Marcus Rashford berebutan bola pada laga Belanda vs Inggris dalam semifinal UEFA Nations League di Stadion D. Alfonso Henriques, 6 Juni 2019.

GUIMARAES, KOMPAS.com - Sejumlah fakta menarik tersaji dari laga Belanda vs Inggris dalam semifinal UEFA Nations League, Kamis (6/6/2019) atau Jumat dini hari WIB.

Laga Belanda vs Inggris di Stadion D. Alfonso Henriques itu berlangsung alot sehingga diperlukan perpanjangan waktu untuk menentukan pemenang.

Timnas Belanda akhirnya memastikan diri ke final UEFA Nations League seusai menang 3-1 atas Timnas Inggris setelah berjuang selama 120 menit.

Baca juga: Hasil UEFA Nations League, Menang atas Inggris, Belanda ke Final

Inggri sebenarnya sempat unggul dulu lewat penalti Marcus Rashford (32'). Namun, Belanda lantas membalas tiga gol melalui sundulan Matthijs de Ligt (73'), bunuh diri Kyle Walker (97'), dan sepakan Quincy Promes (114').

De Oranje - julukan Timnas Belanda - pun melangkah ke final. Mereka akan menantang Timnas Portugal di Stadion Do Dragao, Minggu (9/6/2019).

Sementara itu, The Three Lions - julukan Timnas Inggris - akan memperebutkan posisi ketiga melawan Timnas Swiss.

Baca juga: 5 Fakta Laga Portugal Vs Swiss, Hat-trick Ke-53 Cristiano Ronaldo

Berikut 5 fakta pertandingan Belanda vs Inggris:

1 - Matthijs de Ligt menjadi pemain pertama Timnas Belanda yang bisa menyebabkan penalti lalu mencetak gol dalam laga sama sejak Stefan de Vrij pada laga versus Spanyol tahun 2014.

2 - Belanda untuk kali pertama bisa mencetak dua gol pada masa perpanjangan waktu sejak melakukannya ke gawang Belgia pada 1907. Uniknya, saat itu juga Belanda menang 3-1 dan sempat tertinggal terlebih dahulu.

3 - Timnas Inggris untuk kali pertama kemasukan tiga gol dalam satu laga sejak kalah 1-4 dari Jerman pada Piala Dunia 2010.

5 - Inilah untuk kali kelima De Oranje akan tampil pada final kompetisi antarnegara. Sebelumnya, mereka melaju ke partai puncak Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010, serta final Piala Eropa 1988.

1976 - Kyle Walker tercatat sebagai pencetak gol pertama Belanda pada masa perpanjangan waktu seusai Ruud Geels (Yugoslavia, Piala Eropa 1976). Walker menjadi pemain Inggris pertama yang mencetak gol bunuh diri sejak Eric Dier pada 2016 versus Australia.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X