Kompas.com - 04/06/2019, 13:04 WIB
Manajer Manchester United, Louis van Gaal. OLI SCARFF/AFPManajer Manchester United, Louis van Gaal.

KOMPAS.com - Mantan pelatih Manchester United, Louis van Gaal, memang selalu terbuka dalam menyuarakan pendapatnya. Terkini, pelatih asal Belanda itu berbicara blak-blakan kepada Guardian mengenai masanya di kubu Old Trafford.

Aloyisus Paulus Maria van Gaal menukangi Manchester United antara 2014 dan 2016.

Ia datang ke Manchester United menyusul karier gemilang sebagai pelatih. Antara lain ia pernah menjuarai Liga Champions bersama Ajax dan memenangi gelar liga bersama Barcelona, Bayern Muenchen, Ajax, dan AZ Alkmaar.

Namun, masanya di Manchester United akan lebih sinonim dengan kegagalan walau menjuarai Piala FA 2015-2016, trofi pertama di era setelah Sir Alex Ferguson.

Louis van Gaal pun dipecat hanya dua hari setelah kemenangan atas Crystal Palace di Wmbley tersebut dengan klub sudah mendekati Jose Mourinho terlebih dulu.

Baca Juga: Harga Pogba Terlalu Mahal, Real Madrid Tawarkan Solusi Jitu

Gaya bermain sepak bolanya, pembelian pemainnya, perlakuannya terhadap beberapa pemain juga dikritik oleh media-media Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, ia merupakan sosok yang secara umum memberikan karakter kepada penampilan Man United, terutama setelah para fans harus melalui masa kepemimpinan David Moyes.

Beberapa hal yang Louis van Gaal ungkap pada wawancara kepada Guardian adalah mengenai aspek non teknis dan teknis klub.

Van Gaal mengutarakan bahwa organisasi Manchester United tak ideal.

"Saya pikir keseimbangan antara departemen sepak bola dan departemen komersial Manchester United tidak benar ddan bahkan menjurus ke aspek komersial," tuturnya kepada Guardian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.