5 Hal Menarik dari Final Liga Europa, Chelsea di Ambang Sejarah

Kompas.com - 29/05/2019, 19:30 WIB
Maurizio Sarri tampak memberi instruksi kepada Davide Zappacosta pada pertandingan Chelsea vs Eintracht Frankfurt dalam semifinal Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, 9 Mei 2019. AFP/OLIVER GREENWOODMaurizio Sarri tampak memberi instruksi kepada Davide Zappacosta pada pertandingan Chelsea vs Eintracht Frankfurt dalam semifinal Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, 9 Mei 2019.

KOMPAS.com - Chelsea dan Arsenal bakal bertempur di partai final Liga Europa pada Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Laga derbi London tersebut akan menjadi final Liga Europa ke-10 sejak kompetisi berubah nama dari Piala UEFA. Berikut adalah lima hal menarik dari partai final yang akan bergulir di Baku, Azerbaijan, pada Kamis (30/5/2019) pukul 02.00 WIB.

1. Final ke-10 Liga Europa

Laga derbi London nanti akan menjadi final ke-10 Liga Europa. Final pertama Liga Europa diperebutkan oleh Atletico Madrid saat menghadapi satu lagi tim London, Fulham, di Hamburg, Jerman, pada Mei 2010. Ketika itu, Atletico menang 2-1 berkat dua gol Diego Forlan.

Sembilan final sebelum ini menghasilkan rata-rata 2,667 gol per laga. Kemenangan terbesar dicatatkan oleh Atletico Madrid yang dua kali menang 3-0, versus Athletic Biblao pada 2012 dan Marseille 2018.

Baca Juga: Chelsea Vs Arsenal - 12 Pemain Kunci Absen pada Final Liga Europa

2. Olivier Giroud striker tertajam musim ini

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, mungkin jarang melirik Olivier Giroud di laga Liga Inggris. Akan tetapi, sang pemenang Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis tersebut merupakan bomber maut di Liga Europa.

Olivier Giroud memimpin daftar pencetak gol Liga Europa 2018-2019 dengan 10 gol, sama dengan striker Eintracht Frankfurt, Luka Jovic.

Torehan itu menjadikan Olivier Giroud sebagai striker tersubur bersama Artiz Aduriz (Athletic Bilbao pada 2015-2016) di kompetisi tersebut dalam enam tahun terakhir. Lima dari enam top scorer Liga Europa terakhir "hanya" dapat mencatatkan 8 gol.

Baca Juga: Final Liga Europa - Pemain Chelsea Bertengkar, Pelatih Ngambek

3. Baku, kota minyak sarat sejarah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X