Xavi Hernandez Umumkan Rencana Pensiun

Kompas.com - 03/05/2019, 14:19 WIB
Andres Iniesta (kanan) dan Xavi Hernandez saat menjuarai Liga Champions pada 2015 di Olympiastadion, Berlin.PATRIK STOLLARZ/AFP Andres Iniesta (kanan) dan Xavi Hernandez saat menjuarai Liga Champions pada 2015 di Olympiastadion, Berlin.

KOMPAS.com - Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia sepak bola profesional pada akhir musim ini.

Xavi kini bermain di Liga Qatar bersama Al Sadd. Xavi membela klub tersebut sejak hengkang dari Barcelona tahun 2015 lalu.

Xavi kini sudah menginjak usia 39 tahun. Ia merasa tahun ini adalah waktu yang tepat baginya untuk gantung sepatu dan memulai karier sebagai pelatih.

"Ini adalah musim terakhir saya sebagai pemain, tetapi saya tidak sabar untuk melihat seperti apa masa depan saya sebagai seorang pelatih," kata Xavi.

Baca juga: Mantan Bek Man United, John OShea, Pensiun dari Sepak Bola

Xavi menyatakan jika nantinya sudah memulai karier sebagai pelatih, maka ia akan mengusung filosofi bermain seperti yang sudah diterimanya di Barcelona, yakni menyerang dengan mengutamakan penguasaan bola.

"Saya suka melihat suatu tim mengambil inisiatif di lapangan, bermain sepak bola menyerang dan kembali ke inti dari apa yang kita semua cintai sejak masa kecil kita: penguasaan bola," ucap Xavi.

Xavi adalah pemegang rekor penampilan terbanyak sepanjang masa Barcelona di La Liga dengan 505 penampilan, serta di semua kompetisi dengan 769 penampilan.

Mantan kapten klub itu berhasil mencetak 85 gol dan 182 assist. Dia telah memenangkan delapan gelar liga, empat Liga Champions dan tiga Copa del Rey, serta dua Piala Dunia Antarklub.

Baca juga: Selamat Tinggal Trio BBC, Barzagli Pensiun Akhir Musim Ini

Di tingkat internasional, Xavi adalah salah satu pemain kunci dari keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia pada tahun 2010, juga memenangkan Piala Eropa pada tahun 2008 dan 2012.

Sejak pindah ke Qatar, maestro lini tengah itu telah mengangkat Piala Qatar pada tahun 2017, membuat 84 penampilan di semua kompetisi selam empat musim.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X