Ajax Butuh 22 Tahun untuk Kembali ke Semifinal Liga Champions

Kompas.com - 17/04/2019, 04:29 WIB
Para pemain Ajax Amsterdam berfoto sebelum laga leg kedua perempat final Liga Champions melawan Juventus, di Allianz Stadium, Turin, Italia, Selasa (16/4/2019). AFP/ISABELLA BONOTTOPara pemain Ajax Amsterdam berfoto sebelum laga leg kedua perempat final Liga Champions melawan Juventus, di Allianz Stadium, Turin, Italia, Selasa (16/4/2019).

KOMPAS.com - Klub sepak bola asal Belanda, Ajax Amsterdam, harus menunggu selama 22 tahun untuk bisa kembali mencicipi babak semifinal Liga Champions.

Ajax dipastikan lolos ke semifinal Liga Champions 2018-2019 setelah meraih kemenangan agregat 3-2 atas Juventus.

Baca juga: Wasit Laga Juventus Vs Ajax Bawa Hoki bagi De Amsterdammers

Saat laga leg kedua perempat final yang digelar di Allianz Stadium, Turin, Selasa (16/4/2019), Ajax sukses mengalahkan Cristiano Ronaldo dkk dengan skor 2-1.

Juventus memang sempat unggul lebih dulu lewat gol Ronaldo pada menit ke-28. Namun, gol dari Donny van de Beek (34') dan Matthijs de Ligt (67') membuyarkan impian Bianconeri.

Kali terakhir Ajax mencapai semifinal Liga Champions ialah pada tahun 1997. Saat itu, mereka masih ditangani oleh pelatih kenamaan Louis van Gaal.

Ajax lolos ke semifinal edisi 1997 setelah menyingkirkan wakil Spanyol, Atletico Madrid, dengan agregat 4-3. Saat leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1.

Meski demikian, langkah Ajax akhirnya harus terhenti di tangan Juventus era kepelatihan Marcelo Lippi.

Juventus saat itu berhasil menyingkirkan Ajax berkat keunggulan agregat telak 6-1 (Juventus menang 2-1 saat leg pertama di kandang Ajax).

Sebagai juara bertahan, Juventus memang sedang hebat-hebatnya. Mereka diperkuat pemain-pemain seperti Didier Deschamps, Zinedine Zidane, dan Alessandro Del Piero.

Namun, pada musim itu, Juventus pun gagal mempertahankan gelar juara. Ketika laga final, mereka kalah 1-3 dari klub asal Jerman, Borussia Dortmund.

Baca juga: Barcelona Vs Man United, Messi Antar Barca ke Semifinal Liga Champions

Untuk semifinal Liga Champions musim ini, Ajax tinggal menanti pemenang antara Tottenham Hotspur dan Manchester City.

Apakah Ajax musim ini akan bernasib sama seperti halnya tahun 1997 atau justru bisa lolos ke final dan bahkan menjadi juara? 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X