Kompas.com - 11/03/2019, 21:21 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia U19 Nurhidayat Haji Haris (kedua kanan) menyundul bola saat melawan Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18. SIGID KURNIAWANPesepak bola Timnas Indonesia U19 Nurhidayat Haji Haris (kedua kanan) menyundul bola saat melawan Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu (13/10). Timnas Indonesia U19 menang 3-2. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18.
|

KOMPAS.com - Pelatih Bhayangkara FC Angel Alfredo Vera memainkan Nurhidayat Haji Haris saat timnya melawan Mitra Kukar pada pertandingan penyisihan Grup B Piala Presiden 2019di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/3/2019) sore.

Alfredo Vera menjelaskan pihaknya menggunakan jasa Nurhidayat karena banyaknya pemain skuatnya yang absen, baik karena cedera maupun memperkuat tim nasional U-23, dan senior.

"Kami kekurangan pemain. Bek Jajang Mulyana dan Indra Kahfi masih cedera. Akhirnya manajer kami memanggil kembali Nurhidayat," ujar Alfredo di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

Baca juga: Wawancara Eksklusif, Indra Sjafri Buka-bukaan Soal Keberhasilan Timnas Juarai Piala AFF U-22

Alfredo sendiri enggan menjelaskan proses pemulangan sementara Nurhidayat dari timnas ke Bhayangkara. Dia menekankan bahwa itu adalah kebijakan manajemen.

Nurhidayat Haji Haris tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-23 Indonesia untuk kualifikasi Piala U-23 Asia 2020 di Hanoi, Vietnam pada 22-26 Maret 2018.

Sebelumnya, pada Minggu (10/3/2019), PSSI melalui laman resminya menyebut bahwa Nurhidayat bersama tujuh pemain lain sudah dinyatakan absen dari Bhayangkara untuk laga kontra Mitra Kukar di Grup B Piala Presiden 2019 pada Senin (11/3/2019) karena masih memperkuat timnas.

Bersama Nurhidayat, pemain lain yakni Bagas Adi Nugroho, Awan Setho Rahardjo, Sani Rizky Fauzi, Teuku Muhammad Ichsan dan Mahir Radja Djamaoeddin absen karena memperkuat timnas U-23 Indonesia. Sementara Wahyu Subo Seto dan Alsan Sanda tak bisa merumput untuk klub karena berada di Australia bersama tim nasional senior.

Akan tetapi, Nurhidayat ternyata masuk dalam "starting eleven" Bhayangkara saat berhadapan dengan Mitra Kukar. Skuat berjuluk The Guardian memenangi pertandingan tersebut dengan skor 2-1.

Baca juga: Dirigen Aremania Lempar Sepatu ke Aremania Nakal

"Mungkin manajer tim meminta izin kepada PSSI dan diizinkan. Soalnya pemain Bhayangkara di timnas sampai delapan orang. Lalu di posisi bek tidak ada pemain lain karena kapten Indra Kahfi dan Jajang cedera. Pelatih timnas U-23 Indra Sjafri juga sudah memberikan izin," tutur Nurhidayat usai laga versus Mitra Kukar.

Namun, bek berusia 19 tahun itu memastikan bahwa dirinya hanya akan membela Bhayangkara dalam satu laga. Setelah itu, dia kembali ke timnas U-23.

Indra Sjafri sendiri mengakui bahwa dirinya memberikan restu untuk Nurhidayat memperkuat Bhayangkara di pertandingan melawan Mitra Kukar. Tak jauh beda dengan Alfredo dan Nurhidayat, alasan Indra adalah karena Bhayangkara kekurangan pemain.

"Mereka kehilangan 10 pemain. Jadi Nurhidayat bisa bermain di sana," kata Indra Sjafri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.