10 Klub Eropa dengan Sponsor Termahal, Nomor 1 Real Madrid

Kompas.com - 22/02/2019, 22:21 WIB
Karim Benzema dibayang-bayangi Jose Angel pada laga SD Eibar vs Real Madrid di Stadion Ipurua dalam lanjutan Liga Spanyol, 24 November 2018. AFP/ANDER GILLENEA Karim Benzema dibayang-bayangi Jose Angel pada laga SD Eibar vs Real Madrid di Stadion Ipurua dalam lanjutan Liga Spanyol, 24 November 2018.

KOMPAS.com - Klub kaya Liga Perancis, Paris Saint-Germain ( PSG), resmi mendapatkan sponsor baru menggantikan Fly Emirates. Jaringan hotel multinasional, Accor, akan terpampang di bagian depan kostum PSG sebagai sponsor utama klub tersebut mulai musim kompetisi 2019-2020.

Detail nilai dan durasi kerja sama antara Accor dengan PSG belum diumumkan kepada publik, tetapi koran Perancis, Le Parisien, mengklaim PSG sekarang termasuk 4 besar klub Eropa dengan nilai sponsor paling mahal.

Klaim tersebut berarti Accor dan PSG sepakat di angka antara 51-53 juta euro semusim dan berada di antara Barcelona (Rakuten/51 juta euro) dan Chelsea (Yokohama/53).

Tadinya bersama Fly Emirates, PSG hanya berada di posisi ke-10 klub Eropa dengan sponsor termahal. Fly Emirates "hanya" membayar 28 juta euro per tahun.

Berikut 10 klub Eropa dengan sponsor termahal setelah PSG mengikat kerja sama dengan Accor seperti dikutip Bolasport.com dari Inside Sport.

10. Bayern Muenchen (Telekom) - 29,5 juta euro

Bek Bayern David Alaba (kiri) dan kiper Bayern Manuel Neuer memberi isyarat kepada para suporter di lapangan setelah babak 16 besar Liga Champions antara Liverpool dan Bayern Muenchen di Stadion Anfield di Liverpool, Inggris, pada 19 Februari 2019.CHRISTOF STACHE/AFP Bek Bayern David Alaba (kiri) dan kiper Bayern Manuel Neuer memberi isyarat kepada para suporter di lapangan setelah babak 16 besar Liga Champions antara Liverpool dan Bayern Muenchen di Stadion Anfield di Liverpool, Inggris, pada 19 Februari 2019.

Sejak tahun 2002, perusahaan telekomunikasi Jerman, Deutsche Telekom, setia menjadi sponsor klub terbesar Liga Jerman, Bayern Muenchen. Saat ini Telekom membayar 29,5 juta euro atau sekitar Rp 470 miliar per tahun.

9. Liverpool (Standard Chartered) - 35 juta euro

Mohamed Salah, Georginio Wijnaldum, dan Naby Keita merayakan gol Sadio Mane pada pertandingan Liverpool vs Manchester United di Stadion Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, 16 Desember 2018. AFP/PAUL ELLIS Mohamed Salah, Georginio Wijnaldum, dan Naby Keita merayakan gol Sadio Mane pada pertandingan Liverpool vs Manchester United di Stadion Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, 16 Desember 2018.
Perusahaan jasa keuangan multinasional yang berbasis di London, Standard Chartered, menjadi sponsor utama Liverpool sejak 2010. Menggantikan Carlsberg (1992-2010), Standard Chartered membayar 35 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar per tahun.

8. Tottenham Hotspur (AIA) - 35 juta euro

Son Heung-min merayakan golnya pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund di Stadion Wembley dalam babak 16 besar Liga Champions, 13 Februari 2019. AFP/ADRIAN DENNIS Son Heung-min merayakan golnya pada pertandingan Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund di Stadion Wembley dalam babak 16 besar Liga Champions, 13 Februari 2019.

Perusahaan asuransi jiwa AIA menjadi sponsor Tottenham Hotspur sejak 2014 dengan nilai 35 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar. Kontrak itu kabarnya sudah diperbarui pada 2017 dan akan berakhir pada 2021-2022.

7. Manchester City (Etihad) - 35 juta euro

Gelandang Manchester City, Leroy Sane, mendapat ucapan selamat dari rekan-rekan setimnya setelah mencetak gol dalam pertandingan babak 16 besar pertandingan leg pertama Liga Champions antara Schalke 04 vs Manchester City pada 20 Februari 2019 di Gelsenkirchen, Jerman.PATRIK STOLLARZ/AFP Gelandang Manchester City, Leroy Sane, mendapat ucapan selamat dari rekan-rekan setimnya setelah mencetak gol dalam pertandingan babak 16 besar pertandingan leg pertama Liga Champions antara Schalke 04 vs Manchester City pada 20 Februari 2019 di Gelsenkirchen, Jerman.

Setahun setelah Manchester City diambil alih Abu Dhabi United Group pada 2008, maskapai penerbangan Etihad Airways menjadi sponsor utama The Citizens, julukan Man City. Dengan nilai kontrak 35 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar, Etihad juga mendapatkan hak untuk menjadi nama stadion Manchester City.

6. Arsenal (Fly Emirates) - 49,5 juta euro

Pierre-Emerick Aubameyang rayakan gol Alexandre Lacazette pada pertandingan Arsenal vs Cardiff City di Stadion Emirates dalam lanjutan Liga Inggris, 29 Januari 2019. AFP/IAN KINGTON Pierre-Emerick Aubameyang rayakan gol Alexandre Lacazette pada pertandingan Arsenal vs Cardiff City di Stadion Emirates dalam lanjutan Liga Inggris, 29 Januari 2019.

Sejak tahun 2006, Fly Emirates menjadi sponsor utama Arsenal dengan nilai 49,5 juta euro atau sekitar Rp 790 miliar per musim. Selain memasang namanya di dada seragam Arsenal, Emirates juga menjadi nama stadion The Gunners, julukan Arsenal.

5. Barcelona (Rakuten) - 51 juta euro

Arthur dan Arturo Vidal merayakan gol Lionel Messi pada pertandingan Getafe vs Barcelona di Coliseum Alfonso Perez dalam lanjutan La Liga Spanyol, 6 Januari 2019. AFP/OSCAR DEL POZO Arthur dan Arturo Vidal merayakan gol Lionel Messi pada pertandingan Getafe vs Barcelona di Coliseum Alfonso Perez dalam lanjutan La Liga Spanyol, 6 Januari 2019.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rakuten, perusahaan internet dan komersial elektronik Jepang, memang intens terjun menyokong beberapa entitas olahraga. Pada November 2016, Rakuten menandatangani kontrak 4 tahun bernilai total 204 juta euro dengan klub top Liga Spanyol, Barcelona.

4. PSG (Accor) - 51-53 juta euro

Dengan klaim PSG kini masuk 4 besar klub Eropa pemilik sponsor termahal, berarti kerja sama Accor dengan Les Parisien bernilai antara 51 hingga 53 juta euro per musim. Nilai kontrak tersebut hampir dua kali lipat dari yang didapatkan PSG saat kerja sama dengan Fly Emirates.

3. Chelsea (Yokohama) - 53 juta euro

Antonio Ruediger mengawal Sergio Aguero pada pertandingan Manchester City vs Chelsea di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 10 Februari 2019. AFP/OLI SCARFF Antonio Ruediger mengawal Sergio Aguero pada pertandingan Manchester City vs Chelsea di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 10 Februari 2019.

Chelsea adalah pemilik sponsor termahal kedua di Liga Inggris saat menandatangani kontrak dengan Yokohama Rubber pada 2015 dengan nilai 53 juta euro atau Rp sekitar 845 miliar setahun. Nilai kontrak yang diterima Chelsea hanya kalah dari Manchester United.

Yokohama Rubber merupakan perusahaan ban dari Jepang.

2. Manchester United (Chevrolet) - 70 juta euro

Jesse Lingard dan Ashley Young merayakan gol Paul Pogba dalam pertandingan Manchester United vs Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 19 Januari 2019. AFP/OLI SCARFF Jesse Lingard dan Ashley Young merayakan gol Paul Pogba dalam pertandingan Manchester United vs Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 19 Januari 2019.

Pada 2014, Manchester United menandatangani kontrak dengan perusahaan otomotif Amerika Serikat, General Motors, untuk menjadi sponsor utamanya. Bernilai total 490 juta euro untuk durasi tujuh tahun, General Motors memilih salah satu mereknya, Chevrolet, untuk dipajang di dada seragam United.

1. Real Madrid (Fly Emirates) - 73 juta euro

Sergio Ramos merayakan golnya pada pertandingan Real Madrid vs Leganes dalam babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Januari 2019. TWITTER.com/REALMADRID Sergio Ramos merayakan golnya pada pertandingan Real Madrid vs Leganes dalam babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Januari 2019.

Real Madrid sudah disponsori Fly Emirates sejak 2013. Fly Emirates ketika itu menggantikan Bwin (2007-2013).

Pada 2017, kontrak dengan Fly Emirates diperpanjang Real Madrid selama lima tahun dengan nilai 73 juta euro atau sekitar Rp 1,1 triliun per musim. (Dwi Widijatmiko)


Terkini Lainnya

Indonesia Vs Vietnam, Asnawi Ungkap Modal Timnas U-23 untuk Raih Kemenangan

Indonesia Vs Vietnam, Asnawi Ungkap Modal Timnas U-23 untuk Raih Kemenangan

Liga Indonesia
Klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia di Peringkat 3

Klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia di Peringkat 3

Liga Indonesia
Inggris Vs Ceko, Jaroslav Silhavy Akui The Three Lions Lebih Baik

Inggris Vs Ceko, Jaroslav Silhavy Akui The Three Lions Lebih Baik

Internasional
Timnas U-23 Indonesia Berterima Kasih kepada Ezra Walian

Timnas U-23 Indonesia Berterima Kasih kepada Ezra Walian

Liga Indonesia
Prediksi Superkomputer, Liverpool Gagal, Siapa Juara Liga Inggris Musim Ini?

Prediksi Superkomputer, Liverpool Gagal, Siapa Juara Liga Inggris Musim Ini?

Liga Inggris
Argentina Vs Venezuela, Scaloni Akui Belajar Banyak dari Hasil Laga

Argentina Vs Venezuela, Scaloni Akui Belajar Banyak dari Hasil Laga

Internasional
Alami Cedera saat Argentina Vs Venezuela, Messi Kembali ke Barcelona

Alami Cedera saat Argentina Vs Venezuela, Messi Kembali ke Barcelona

Liga Spanyol
Moldova Vs Perancis, Deschamps Bangga Tiga Penyerangnya Cetak Gol

Moldova Vs Perancis, Deschamps Bangga Tiga Penyerangnya Cetak Gol

Internasional
Portugal Vs Ukraina, Fernando Santos Sebut Hasil Laga Tidak Memuaskan

Portugal Vs Ukraina, Fernando Santos Sebut Hasil Laga Tidak Memuaskan

Internasional
Inggris Vs Ceko, Southgate Tak Terkejut dengan Penampilan Sterling

Inggris Vs Ceko, Southgate Tak Terkejut dengan Penampilan Sterling

Internasional
Kebangkitan Timnas Belanda dan Evolusi Rivalitas Oranje dengan Jerman

Kebangkitan Timnas Belanda dan Evolusi Rivalitas Oranje dengan Jerman

Internasional
Gareth Bale Bantah Tak Akur dengan Ronaldo Saat di Real Madrid

Gareth Bale Bantah Tak Akur dengan Ronaldo Saat di Real Madrid

Liga Spanyol
Shevchenko Sebut Piatek sebagai Titisannya

Shevchenko Sebut Piatek sebagai Titisannya

Liga Italia
Moldova Vs Perancis, Start Apik Sang Juara Dunia

Moldova Vs Perancis, Start Apik Sang Juara Dunia

Internasional
Portugal Vs Ukraina, Lepas 7 Tembakan, Ronaldo Gagal Bikin Gol

Portugal Vs Ukraina, Lepas 7 Tembakan, Ronaldo Gagal Bikin Gol

Internasional

Close Ads X