Pemusatan Latihan Timnas Indonesia Kemungkinan Rugikan Persija dan PSM

Kompas.com - 21/02/2019, 23:03 WIB
Pemain Persija Jakarta saat latihan di Lapangan A, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/3/2018). Persija Jakarta akan bertanding melawan Klub asal Vietnam, Song Lam Nga An pada tanggal 14/3/2018.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemain Persija Jakarta saat latihan di Lapangan A, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/3/2018). Persija Jakarta akan bertanding melawan Klub asal Vietnam, Song Lam Nga An pada tanggal 14/3/2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemusatan latihan yang akan digelar oleh timnas Indonesia kemungkinan besar akan merugikan persiapan Persija Jakarta dan PSM Makassar yang akan berlaga dalam kompetisi Piala AFC 2019.

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, sudah memanggil 27 pemain untuk menjalani pemusatan latihan jelang laga uji coba melawan Myanmar di Stadion Mandala Thiri, Myanmar, Senin (25/3/2019).

Rencananya, pemain yang dipanggil harus berkumpul di Bali pada 6 Maret dan langsung bertolak ke Australia sampai 17 Maret 2019.

Baca Juga : Ini Agenda Pertama Timnas Indonesia di Bawah Asuhan Simon McMenemy

Setelah itu, skuad Garuda kembali ke Indonesia dan langsung menggelar pemusatan latihan di Bali hingga 21 Maret 2019.

Selanjutnya, timnas Indonesia langsung berangkat ke Myanmar guna melakoni laga FIFA Matchday.

Melihat jadwal pemusatan latihan timnas Indonesia, ada kerugian satu pertandingan yang akan dialami Persija Jakarta dan PSM Makassar. Kedua tim itu tidak akan diperkuat beberapa pemainnya saat melakoni pertandingan pada pertengahan Maret 2019.

Ada tiga pemain Persija Jakarta yang dipanggil Simon McMenemy, yakni Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, dan Novri Setiawan. Dari kubu PSM Makassar, hanya dua pemain yang dipanggil yakni Rizky Pellu dan M Rahmat.

Dari jadwal babak penyisihan Piala AFC 2019, Persija Jakarta asuhan Ivan Kolev yang tergabung di Grup G akan melawan Shan United di Stadion Thuwanna YTC, Myanmar, 12 Maret 2019.

Artinya, Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan, besar kemungkinan tidak memperkuat Macan Kemayoran dalam laga kedua Grup G karena masih berada di Australia.

Meski demikian, Persija Jakarta sudah punya pelapis untuk ketiga pemain itu. Juara Liga 1 2018 itu masih memiliki Shahar Ginanjar, Heri Susanto, dan Ramdani Lestaluhu yang bisa diproyeksikan sebagai pengganti.

Baca Juga : Persija Disebut Suap Wasit, Ismed Sofyan Memilih Santai

Hal yang sama juga dirasakan PSM Makassar yang tidak akan diperkuat Rizky Pellu dan M Rahmat saat melawan Lao Toyota FC di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 13 Maret 2019.

Masih ada beberapa pemain yang bisa menggantikan kedua nama tersebut seperti Bayu Gatra dan M Rasyid.

Selain kedua tim itu, ada beberapa klub yang juga kehilangan beberapa pemain untuk Piala Presiden 2019 yang digelar pada 2 Maret sampai 13 April 2019.

Klub yang paling banyak kehilangan pemain adalah Madura United. Tim asuhan Dejan Antonic itu harus merelakan Greg Nwokolo, Zulfiandi, M Ridho, Fachruddin Aryanto, dan Andik Vermansah bergabung bersama timnas Indonesia. (Mochamad Hary Prasetya)




Close Ads X