Ajax Vs Real Madrid, Solari Percaya pada Keputusan VAR - Kompas.com

Ajax Vs Real Madrid, Solari Percaya pada Keputusan VAR

Kompas.com - 14/02/2019, 09:42 WIB
Gaya Santiago Solari saat memberi instruksi pada pertandingan Real Madrid vs Sevilla dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, 19 Januari 2019. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Gaya Santiago Solari saat memberi instruksi pada pertandingan Real Madrid vs Sevilla dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, 19 Januari 2019.

KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, mengaku percaya pada keputusan wasit berdasarkan video assistant referee atau VAR.

Hal itu dilontarkannya usai kemenangan 2-1 timnya atas Ajax Amsterdam dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Rabu (13/2/2019) atau Kamis (14/2/2019) dini hari WIB.

Baca juga: Ajax Vs Real Madrid, De Jong Nilai VAR Hanya Menguntungkan Klub Besar

Dalam laga tersebut, Ajax sebenarnya sempat mencetak gol pada babak pertama melalui Nicolas Tagliafico, memanfaatkan kemelut di depan gawang Thibaut Courtois.

Akan tetapi, wasit tak mengesahkan karena setelah melihat tayangan VAR, gol Tagliafico dianulir karena pelanggaran Dusan Tadic. Inilah penganuliran gol pertama menggunakan VAR di Liga Champions.

Gol Nicolas Tagliafico pada pertandingan Ajax Amsterdam vs Real Madrid dalam babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruyff Arena dianulir wasit, 13 Februari 2019. AFP/EMMANUEL DUNAND Gol Nicolas Tagliafico pada pertandingan Ajax Amsterdam vs Real Madrid dalam babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruyff Arena dianulir wasit, 13 Februari 2019.

"Kami tidak punya kapasitas untuk menilai. Kami tidak punya monitor. Kami percaya apa yang dikatakan VAR atau wasit," kata Solari dikutip dari Goal.

Pada laga melawan Ajax, Solari mengakui timnya sempat tertekan. Namun ia memuji para pemain yang akhirnya dapat memenangkan pertandingan.

Madrid memecah kebuntuan melalui gol Karim Benzema pada menit ke-60, namun sempat dibalas Ajax melalui Hakim Ziyech (75').

Gol kemenangan Madrid akhir datang pada menit ke-87 melalui Marco Asensio (87'). Dia masuk menggantikan Benzema yang cedera.

Baca juga: Mengacu Peraturan, Wasit Bikin Keputusan Tepat Menganulir Gol Ajax

"Mereka (Ajax) tidak membiarkan kami memainkan permainan kami. Mereka menekan kami secara agresif dan sangat tinggi. Ketika permainan mulai terbuka, mereka berhenti menekan kami dengan intens dan kami berhasil bermain dan menciptakan peluang," ujar Solari.


Terkini Lainnya


Close Ads X