Jika Lionel Messi Pensiun, Barcelona Sudah Siap

Kompas.com - 08/02/2019, 09:20 WIB
Dari bangku cadangan, Lionel Messi memerhatikan jalannya laga Barcelona vs Leganes dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, 20 Januari 2019. AFP/JOSEP LAGO Dari bangku cadangan, Lionel Messi memerhatikan jalannya laga Barcelona vs Leganes dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, 20 Januari 2019.

KOMPAS.com - Raksasa La Liga, Barcelona ternyata sudah mulai mempersiapkan diri seandainya Lionel Messi nanti pensiun.

Messi kini sudah menginjak usia 31 tahun. Meski Messi masih menjadi andalan tim, Barca menyadari mereka tak bisa terus bergantung kepada pemain bintangnya itu.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengatakan klubnya sedang berinvestasi pemain muda hebat sebagai persiapan jika nantinya ditinggal Messi.

"Saya tahu suatu hari Lionel akan mengatakan dia akan pensiun," kata Bartomeu kepada BBC Radio 5Live seperti dikutip dari Goal, Jumat (8/2/2019).

"Kami harus mempersiapkan klub untuk masa depan,' tuturnya melanjutkan.

Baca Juga: Jawaban Heboh Presiden Barcelona Soal Kans Messi dan Ronaldo Setim

Barca baru saja merekrut dua pemain muda yang akan pindah ke Camp Nou di musim panas.

Mereka adalah Frenkie de Jong yang bergabung dari Ajax dengan nilai transfer 75 juta Euro (sekitar Rp 1,1 triliun) dan bek kanan Emerson (20 tahun) sedang dalam perjalanan dari Atletico Mineiro.

Presiden FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dalam konferensi pers di Camp Nou, Barcelona, 2 Oktober 2017.JOSEP LAGO/AFP Presiden FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dalam konferensi pers di Camp Nou, Barcelona, 2 Oktober 2017.

Kedua kesepakatan itu menambah akuisisi Barca yang sebelumnya sudah mendatangkan Malcom, Arthur, Clement Lenglet, dan Jean-Clair Todibo dalam dua jendela transfer terakhir.

Masa tugas Bartoneu akan habis pada 2021. Ia yakin akan meninggalkan klub itu dalam kondisi yang baik untuk mempertahankan tempat mereka di jajaran elite Eropa.

"Kami membawa pemain muda hebat ke tim karena kami harus melanjutkan era kesuksesan ini. Itu adalah tanggung jawab kami," ucap Bartomeu.

"Mandat saya akan selesai dalam dua musim. Jadi saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang bagus dan memberi tahu presiden baru 'itu warisan kami'," tuturnya.

Baca juga: Terinspirasi Lionel Messi, Frenkie de Jong Ingin Pensiun di Barcelona

Kontrak Messi di Barcelona rencananya akan habis pada 2021 mendatang.

Bartomeu mengharapkan Messi masih mau memperpanjang kontrak hingga beberapa tahun lagi. Walaupun tidak akan berlaku selamanya.




Close Ads X