Selain Tony Sucipto, Ini 7 Pemain yang Pernah Bela Persib dan Persija

Kompas.com - 18/01/2019, 16:40 WIB
Mantan pemain Persib Bandung, Tony Sucipto, resmi bergabung dengan Persija Jakarta untuk musim 2019. Media Officer PersijaMantan pemain Persib Bandung, Tony Sucipto, resmi bergabung dengan Persija Jakarta untuk musim 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Kepindahan Tony Sucipto dari Persib Bandung ke Persija Jakarta membuatnya menjadi pemain kesekian yang pernah memperkuat dua tim musuh bebuyutan tersebut.

Kepindahan pemain Persib ke Persija maupun sebaliknya bukanlah hal yang baru dalam persepakbolaan Indonesia.

Baca juga: Resmi, Tony Sucipto Kembali ke Pangkuan Persija Jakarta

Sejak format Liga Indonesia peleburan Perserikatan dan Galatama diperkenalkan tahun 1994, tercatat sudah banyak pesepak bola yang pernah memperkuat Persib sekaligus Persija dalam kariernya, tak cuma pemain nasional, tapi juga asing.

Namun Kompas.com hanya akan merangkum beberapa diantaranya. Berikut daftarnya:

1. Budiman

Budiman kini tercatat sebagai pelatih Persib U-19. Ia merupakan arsitek di balik kesuksesan Maung Ngora menjuarai Liga 1 U-19.

Saat masih aktif bermain, Budiman memang mengawali kariernya di Persib. Sempat hijrah ke Bandung Raya, Budiman kemudian pindah ke Persija pada 1999 hingga tahun 2001.

Ia menjadi salah satu anggota skuad Persija saat menjuarai Liga Indonesia 2001. Saat itu ia bahkan menjabat sebagai kapten. Meski sempat pindah ke klub lain, Budiman pada akhirnya kembali ke Persib dan menurup kariernya di klub tersebut.

Pelatih Persib U-19 Budiman saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (14/12/2018).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Pelatih Persib U-19 Budiman saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (14/12/2018).


2. Abanda Herman

Abanda tercatat mulai bergabung di Persija pada Desember 2005. Ia tercatat bermain untuk Persija hingga 2010.

Pada musim 2010-2011, Abanda bergabung dengan Persema Malang. Namun ia hanya setengah musim berada di Malang.

Setelah itu, pemain kelahiran Kamerun ini bergabung ke Persib hingga 2013.

Abanda Herman saat masih aktif memperkuat Persib Bandung.BolaSport Abanda Herman saat masih aktif memperkuat Persib Bandung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X