Kompas.com - 14/01/2019, 15:25 WIB
Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Rabu (9/1/2019). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIPelatih Persib Bandung Miljan Radovic saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Rabu (9/1/2019).
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic menyatakan ingin membawa perubahan baik dalam sisi pola permainan maupun semangat juang.

"Untuk fisik, sekarang saya bicara kita (Persib) akan top fisik di Indonesia. Saya akan memproses itu dan itu sudah ada di program saya," ujar Miljan di Bandung, Senin.

Untuk memiliki pemain dengan kualitas fisik terbaik di Indonesia, ia mengaku sudah merancang skema latihan. Program itu pun sudah dikuasai dan dijalankan di klub sebelumnya di Montenegro.

"Itu program baru, program modern, dan saya mengerti untuk (merealisasikan) itu," kata Miljan.

Secara perlahan, ia juga akan membuat Persib punya daya serang yang harus ditakuti lawan. Gaya permainan menyerang penuh akan jadi ciri khas Persib.

Baca Juga: Indra Sjafri Umumkan Skuad Timnas U-22 Indonesia pada Pekan Depan

Bahkan, ia mengklaim gaya permainan Persib akan berbeda dibanding tim-tim lain di Indonesia. Klub asal Jawa Barat itu akan punya gaya baru yang khas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya akan kasih style (gaya) baru untuk Persib dan di sepak bola Indonesia. Saya suka sepak bola menyerang dan Persib harus bermain menyerang. Harus bermain seperti tim besar," ujar Miljan.

Di bawah arahan Miljan, Persib juga akan mengandalkan kerjasama tim ketimbang menonjolkan kemampuan individu pemain. Kolektivitas bermain jadi modal utama dalam memenangi pertandingan.

"Saya tidak suka pemain main individual. Di Persib saya sudah mengerti harus bagaimana. Pemain harus (mengedepankan kerjasama) tim dulu," katanya.

Semangat tempur skuat Persib juga akan `dibakar` oleh Miljan. Sehingga, setiap melakoni laga semua pemain diharapkan berjuang maksimal mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya.

"Saya mau pemain bermain fight 100 persen, tapi mereka harus tetap enjoy," ujar Miljan.

Sementara untuk formasi permainan, ia akan punya satu gaya baku, yaitu 4-3-3. Formasi itu dinilai tangguh dalam penyerangan tapi juga kuat dalam bertahan.

"Itu formasi yang saya suka. Tapi mungkin nanti kita akan coba beberapa formasi lain," kata Miljan.

Baca Juga: Singgung Nasib Milomir Seslija dan Gomez Oliviera, Dejan Antonic: Saya Bukan Pelatih Amatir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.