Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Klub Yunani Sebut Mafia di Sepak Bola Itu Nyata

Kompas.com - 21/12/2018, 19:12 WIB
Jalu Wisnu Wirajati

Penulis

KOMPAS.com - Mafia dalam dunia sepak bola itu nyata. Kalimat itu muncul dari juru bicara klub sepak bola Yunani, AEK Athena.

"Mafia dalam dunia sepak bola itu nyata dan mereka berkuasa," ucap juru bicara AEK Athena seperti dikutip dari BBC Sport, Kamis (20/12/2018).

"Sepak bola Yunani tengah berada di titik nadir," demikian bunyi pernyataan resmi Olympiakos, rival AEK di Liga Yunani.

Pernyataan dua klub terasa Liga Yunani itu tak lepas dari penyerangan terhadap salah seorang wasit di negara tersebut.

Baca juga: Begini Cara Kerja Satgas Bentukan Kapolri untuk Hentikan Mafia Pengaturan Skor

Wasit FIFA, Thanasis Tzilos (Transfermarkt menulis Athanasios Tzilos), menjadi korban kebrutalan oknum yang tak bertanggung jawab. Tzilos diserang di rumahnya.

Tzilos mendapatkan luka sobek di kepalanya dan cedera di bagian kaki akibat penyerangan itu. Kamis kemarin, wasit berusia 35 tahun itu telah keluar dari rumah sakit.

Penyerangan itu lantas mendapat reaksi dari asosiasi wasit. Mereka sepakat untuk tidak akan memimpin pertandingan Liga Yunani pada akhir pekan ini.

"Sebagai bentuk simpati, kami akan menghentikan aktivitas sampai ada pengumuman lebih lanjut," demikian bunyi pernyataan resmi Asosiasi Wasit Yunani.

Putusan asosiasi wasit itu membuat pekan ke-15 Liga Yunani pada akhir pekan ini ditunda. Federasi Sepak Bola Yunani pun memaklumi hal tersebut.

Baca juga: Pelatih PSM Sebut Mafia Pengaturan Skor Masih Gentayangan di Indonesia

"Kami merutuk serangan pengecut itu kepada kolega kami. Kami tak mau orang-orang seperti itu untuk terus melakukan teror," tulis pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Yunani.

Baik federasi maupun asosiasi wasit akan melakukan diskusi terkait pemogokan yang terjadi pada 4 Januari 2019. Mereka mencoba mencari titik temu untuk mencari solusi dari pemogokan tersebut.

Federasi berharap Liga Yunani bisa bergulir kembali pada pekan ke-16, 12-13 Januari 2019. Mulai pekan depan, klub-klub Yunani akan menjalani libur Natal dan tahun baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com