Liga Champions, UEFA Konfirmasi VAR Digunakan Mulai Februari 2019

Kompas.com - 04/12/2018, 08:41 WIB
Situasi ruang kontrol Video Assistant Referee (VAR) di International Broadcast Centre (IBC), Moskwa, pada 9 Juni 2018. AFP/MLADEN ANTONOV Situasi ruang kontrol Video Assistant Referee (VAR) di International Broadcast Centre (IBC), Moskwa, pada 9 Juni 2018.

KOMPAS.com - Komite Eksekutif UEFA memberikan konfirmasi bahwa teknologi VAR (Video Assistant Referee) akan diperkenalkan pada Liga Champions musim ini. Sistem tersebut akan diimplementasikan mulai babak 16 besar pada Februari nanti.

Artinya, penerapan teknologi tersebut lebih cepat dari rencana semula. Pasalnya, pada September lalu, Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan bahwa sistem VAR baru akan dipakai dalam Liga Champions musim 2019-2020.

Baca Juga: Lionel Messi Tak Seegois Dulu

Rupanya, sejumlah besar klub tak ingin UEFA menunda penggunaan VAR. Desakan dari klub-klub peserta kompetisi kasta tertinggi di Eropa tersebut membuat UEFA mulai menerapkannya pada babak 16 besar musim ini setelah tanpa VAR selama penyisihan grup.

"Kami yakin, memperkenalkan VAR pada Agustus 2019 akan memberikan kami cukup waktu untuk menempatkan sistem yang kuat," ujar Ceferin kepada saluran media UEFA pada tiga bulan yang lalu.

"Ini akan memberikan kami waktu yang cukup untuk melatih para ofisial sehingga memastikan penggunaan VAR yang lebih efisien dan sukses dalam Liga Champions, yang merupakan kompetisi klub unggulan di dunia."

Teknologi tersebut sudah diperkenalkan dalam sejumlah liga top di Eropa, termasuk di kasta tertinggi Liga Spanyol, pada musim 2018-2019. Sebelumnya, VAR sudah lebih dulu digunakan pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni-Juli lalu.




Close Ads X