Marquez: Vinales Lebih Butuh Motivasi Ketimbang Ganti Nomor Motor

Kompas.com - 17/11/2018, 21:00 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (#25), berada di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018).
DOK. MOTOGPPebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (#25), berada di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018).

KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengomentari keinginan rekan senegaranya, Maverick Vinales, yang ingin mengganti nomot motor. 

Vinales berniat mengganti nomor motor dari 25 menjadi 12 pada kompetisi MotoGP musim depan. Pebalap Movistar Yamaha itu berasalan ingin mendapatkan lebih banyak keberuntungan dengan nomor baru.

Menurut Marc Marquez, rivalnya itu mengalami masalah psikologis sehingga ingin mengganti nomor motor.

Sebagai pebalap yang sukses mendominasi MotoGP dalam lima tahun terakhir, Marquez menilai Vinales lebih membutuhkan motivasi ketimbang berganti nomor motor.

"Ada beberapa pebalap yang secara psikologi memerlukan kestabilan, motivasi, atau dia merasa tidak aman sehingga mencari hal-hal seperti itu," kata Marquez yang dikutip BolaSport.com dari Marca.

"Hal yang demikian merupakan takhayul. Saya secara psikologi tahu bahwa nomor tak bisa membuat Anda memenangi sebuah kejuaraan, tetapi sebuah usaha dari seluruh tim bisa," ujar Marquez menambahkan.

Baca juga: Alasan Maverick Vinales Ganti Nomor Balap dari 25 ke 12

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, pebalap berkebangsaan Spanyol itu menegaskan nomor bagi Vinales tidak begitu berarti dengan sebuah contoh di masa lalu.

"Saya memakai nomor 93, saya menang dengan nomor 93 yang merupakan tahun kelahiran saya dan itulah mengapa saya memakainya," tutur Marquez.

Baca juga: Vinales Inginkan Motor seperti Milik Pebalap Tim Satelit

"Apakah Maverick akan mengubah nomornya atau tidak, dengan nomor 25 dia menang di Moto3 yang bisa dijelaskan nomor itu tidak mengubah apapun," kata dia lagi.

Sebelumnya, Maverick Vinales mengatakan bahwa dia akan mengganti nomor motornya saat ini menjadi 12 karena ingin membuang sial.

Nomor 12 dinilai Vinales mampu membuat dia mengenali diri sendiri karena nomor itu sudah dia pakai saat masih berada di level junior, tepatnya ketika balapan di Conti Cup. (Bayu Nur Cahyo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.