Rafael Van der Vaart Pensiun dari Sepak Bola - Kompas.com

Rafael Van der Vaart Pensiun dari Sepak Bola

Kompas.com - 05/11/2018, 16:20 WIB
Gelandang Rafael van der Vaart batal bergabung dengan timnas Belanda untuk bertanding lawan Indonesia dalam laga persahabatan, 7 Juni nanti, karena cedera.AFP/CHRISTOF STACHE Gelandang Rafael van der Vaart batal bergabung dengan timnas Belanda untuk bertanding lawan Indonesia dalam laga persahabatan, 7 Juni nanti, karena cedera.

ESBJERG, KOMPAS.com - Mantan pemain tim nasional Belanda, Rafael Van der Vaart, telah mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola. Ia mempercepat keputusannya untuk pensiun menyusul cedera yang dialaminya.

Van der Vaart kini berusia 35 tahun. Ia bergabung bersama klub Liga Denmark, Esbjerg, sejak Agustus 2018. Namun lebih banyak menjalani perawatan akibat cedera.

"Saya harus berhenti sekarang. Saya tidak ingin di sini hanya untuk terus melakukan pemulihan, tapi untuk bermain," kata Van Der Vaart kepada De Telegraaf dikutip dari Four Four Two, Senin (5/11/2018).

Menurut Van der Vaart, dirinya sebenarnya punya keinginan untuk terus bermain hingga tua. Namun keinginannya itu harus dipendamnya.

Baca juga: Van der Vaart Klarifikasi Kabar Akan ke Bali United

Gelandang asal Belanda, Rafael van der Vaart, diperkenalkan sebagai pemain baru FC Midtjylland di MCH Arena, Herning, Denmark, pada Rabu (10/8/2016).AFP Gelandang asal Belanda, Rafael van der Vaart, diperkenalkan sebagai pemain baru FC Midtjylland di MCH Arena, Herning, Denmark, pada Rabu (10/8/2016).

Namun ia tetap merasa bangga karena sepanjang karier, Van Der Vaart sudah pernah bermain di sejumlah klub besar. Dia mengawalinya dari Ajax Amstedam sebelum memperkuat Real Madrid, Tottenham Hotspur, Real Betis, dan Hamburg SV.

Tak cuma itu, Van Der Vaart juga senang pernah memperkuat timnas Belanda di sejumlah turnamen besar, salah satunya saat masuk final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

"Selama bertahun-tahun, saya bisa bermain sepak bola dan melawan begitu banyak pemain hebat di stadion paling indah. Saya tidak pernah berani memimpikan itu sebagai seorang anak muda," ucap Va der Vaart.

Baca juga: Van der Vaart Merasa Jadi Xavi di Betis



Close Ads X