Akan Ada Ballon d'Or untuk Pemain Sepak Bola Wanita - Kompas.com

Akan Ada Ballon d'Or untuk Pemain Sepak Bola Wanita

Kompas.com - 25/09/2018, 17:46 WIB
Jill Ellis dan Carli Lloyd didaulat menjadi pelatih dan pemain putri terbaik di FIFA Ballon dOr 2015, Seniin (11/1/2016). FABRICE COFFRINI/AFP Jill Ellis dan Carli Lloyd didaulat menjadi pelatih dan pemain putri terbaik di FIFA Ballon dOr 2015, Seniin (11/1/2016).

KOMPAS.com - Pemain sepak bola wanita juga bakal mendapatkan kesempatan meraih gelar Ballon d'Or pada akhir 2018.

Penghargaan bergengsi untuk pemain terbaik dunia ini diberikan sebuah majalah sepak bola Perancis sejak 1956. Trofi Ballon d'Or pertama itu diraih pesepak bola Inggris, Stanley Matthews.

Majalah sepak bola Perancis ini menggabungkan penghargaan Ballon d'Or dengan peman terbaik dunia FIFA pada 2010. Kedua penghargaan itu kembali dipecah sejak dua tahun lalu.

Selama ini, titel Ballon d'Or hanya diberikan kepada pesepak bola pria. Namun, tahun ini, pesepak bola wanita juga bisa berebut gelar prestisius ini.

Baca juga: Ramos Jagokan Modric Sabet Penghargaan Ballon dOr

Terdapat 15 pesepak bola wanita yang masuk dalam nominasi penerima Ballon d'Or yang bakal diumumkan Oktober nanti. Sementara itu, jumlah nominasi pesepak bola pria lebih banyak, yakni 30 pemain.

Malam penganugerahan akan digelar di Paris, Perancis, 3 Desember.

"Sepak bola adalah disiplin yang sangat ketat dan layak mendapatkan penghargaan yang sama dengan sepak bola pria," kata pemimpin redaksi majalah, Pascal Ferre, dilansir BBC, Selasa (25/9/2018).

Baca juga: Allegri: Ronaldo Berhak Terima Ballon dOr 2018

"Ini (sepak bola wanita) menjadi dewasa dan semakin besar. Lebih dari 760 juta penonton televisi menonton di Piala Dunia sepak bola wanita terakhir pada 2015, ini tidak terjadi secara kebetulan," ujar Pascal Ferre menambahkan.

FIFA juga telah memberikan trofi penghargaan untuk pesepak bola wanita dengan titel Best FIFA Football Awards. Pemain Amerika, Carli Lloyd, dan pesepak bola Belanda, Lieke Martens, memenangi dua edisi pertama penghargaan ini sejak 2016.



Close Ads X