Sepeda Nusantara di Banjar Banjir Peminat - Kompas.com

Sepeda Nusantara di Banjar Banjir Peminat

Kompas.com - 16/09/2018, 22:04 WIB
Yang membuat acara Sepeda Nusantara di Kota Banjar sukses adalah keterlibatan pemerintahan daerah setempat berbaur dengan rakyatnya. Yang membuat acara Sepeda Nusantara di Kota Banjar sukses adalah keterlibatan pemerintahan daerah setempat berbaur dengan rakyatnya.

BANJAR, Kompas.com - Minggu (16/9/2018) benar-benar menjadi hari yang bahagia bagi masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat. Khususnya bagi mereka yang terlibat dalam perhelatan olahraga Sepeda Nusantara Etape Mandalareh yang digelar di sport Center Langensari.

Pagi itu hampir seluruh petinggi pemerintahan daerah Kota Banjar berkumpul pada satu titik di Sport Center Langensari. Mulai dari Walikota, Sekda, Sudin, Kapolres, Losing, sampai jajaran terbawah. Mereka berkumpul bersama 2000 lebih peserta Sepeda Nusantara.

Tidak hanya pejabat setempat yang hadir. Dari pusat terlibat pula Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr Alman Hudri M.Pd bersama sejumlah jajarannya yang terlibat dalam kepanitiaan.

Yang membuat acara Sepeda Nusantara di Kota Banjar sukses adalah keterlibatan pemetintahan daerah setempat berbaur dengan rakyatnya. Mereka bergembira bersama sambil berolahraga pagi, dan banyak di antara mereka yang beruntung membawa oleh oleh pulang berupa hadiah mulai dari kipas angin, kompor gas, televisi, kulkas, sepeda, sampai hadiah utama sebuah sepeda motor Honda Beat.

Uniknya lagi, sejumlah pejabat yang naik panggung tidak segan-segan memberikan saweran uang Rp50.000 dan Rp100.000 kepada peserta Sepeda Nusantara. Ini adalah bentuk kegembiraan bersama yang diciptakan pimpinan dengan rakyatnya.

Walikota Banjar Dr Hj UU Sukaesih MSi mengatakan, ajang Sepeda Nusantara 2018 ini adalah puncak acara dari serangkaian kegiatan olahraga yang sudah digelar sebelumnya dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35. Sejumlah pertandingan yang digelar adalah sepakbola, basket, voli dan kegiatan olahraga tradisional seperti tarompah panjang, engran, serta sepakbola api.

"Kegiatan ini adalah bentuk peranserta masyarakat dalam persamaan hak berolahraga. Tentu saja dengan memperhatikan murah, meriah, dan berbudaya dalam berolahraga," kata Walikota UU Sukaesih dalam sambutannya pada acara tersebut.

"Terima kasih Kota Banjar telah dipilih menjadi salah satu Etape dari pergelaran Sepeda Nusantara 2018. Kami menyebutnya Etape Mandalareh dengan suasana pedesaan dan perkebunan," lanjut UU sukaesih.

Menurut dia, tujuan dari acara ini tak lain untuk mengajak masyarakat aktif dalam berolahraga manuju hidup sehat. Apalagi untuk mewujudkan keinginan itu Pengkot Banjar telah membangun sebuah komplek olahraga yang cukup representatif dengan standar nasional, yang diberi nama Sport Center Langensari.

Walikota mengkarapkan dengan adanya fasilitas olahraga seperti ini Banjar diharapkan dapat melahirkan atlet berprestasi di kemudian hari.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr Alman Hudri M.Pd menyampaikan rasa bangganya lantaran Sepeda Nusantara di Banjar mendapat sambutan hangat dari warga Desa Langensari dan sekitarnya.

"Saya bangga melihat antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, sehingga pesertanya membludak mencapai angka 2000 lebih. Mudah - mudahan Kota Banjar yang memiliki fasilitas Sport Center yang baik ini mendapat kesempatan menggelar acara lain seperti Gala Desa nantinya," kata Alman.

Dikatakan, terpilihnya Banjar menjadi salah satu daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah untuk menggelar acara Sepeda Nusantara harus disyukuri, karena tidak semua daeah dapat kesempatan untuk menjadi penyelenggara.

Pada garis star, Asdep Ordik Alman Hudri Bersama Ibu Walikota dan Kapolres Kota Banjar berada paling depan dan Ikut mengayuh sepeda bersama peseta lainnya.



Close Ads X