Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sosok Tiara Andini Prastika, Pencetak Rekor Cabor Downhill

Kompas.com - 20/08/2018, 18:07 WIB
Annisa Nurfadila Putri,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Atlet balap sepeda nomor downhill putri, Tiara Andini Prastika, berhasil menyumbang emas pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Subang, Senin (20/8/2018).

Tiara pun menorehkan sejarah. Pasalnya, ini menjadi emas pertama Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaannya dalam pesta olahraga multievent antarnegara Asia.

Tiara mulai menggeluti olahraga balap sepeda sejak akhir 2012. Meski terbilang baru, dia mampu merebut gelar juara nasional 2017.

Saat berlaga dalam Kejuaraan Asia 2017, Tiara sempat mengalami cedera jari telunjuk tangan kanan. Meski kondisi tidak sepenuhnya maksimal, dia sanggup mengalahkan lawannya dari Thailand, Vipavee Deekaballes.

Sebelum bertanding, Tiara mengatakan tetap menjaga kondisi dirinya dan ia mengaku lebih mudah menguasai medan dikarenakan Indonesia menjadi tuan rumah.

"Kondisi cedera saya masih sama, cuma saya sekarang lebih menjaga. Setiap latihan, saya enggak bisa push, tergantung kondisi tangan. Untuk penguasaan trek, kita sebagai tuan rumah lebih diuntungkan karena sudah hafal treknya," ungkapnya seperti dikutip dari Harian Kompas (11/8/2018).

Selain Tiara, cabor balap sepeda nomor downhill putri juga berhasil meraih perunggu yang diperoleh Nining Porwaningsih. Tiara dan Nining merupakan andalan timnas downhill putri.

Sesaat sebelum laga dimulai, Tiara berusaha semaksimal mungkin mengembalikan kondisi.

”Kalau buat sekali hantam push gitu, insya Allah masih bisa,” ucap Tiara.

Terbukti, Tiara bersama Nining mampu menyumbang emas untuk Indonesia dan mencetak sejarah baru dalam Asian Games.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com