Evan Dimas, Si Wajah Ganda di Timnas U-23 Indonesia

Kompas.com - 14/08/2018, 18:05 WIB
Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia Evan Dimas melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama ke gawang Timnas U-22 Myanmar pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games XXIX di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017). Timnas sepak bola U-22 Indonesia menyumbang medali perunggu setelah menang 3-1 atas Myanmar. ANTARA FOTO / SIGID KURNIAWANPesepak bola Timnas U-22 Indonesia Evan Dimas melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama ke gawang Timnas U-22 Myanmar pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games XXIX di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017). Timnas sepak bola U-22 Indonesia menyumbang medali perunggu setelah menang 3-1 atas Myanmar.

KOMPAS.COM - Selama ini, Evan Dimas dikenal sebagai pengumpan jitu saat bermain. Siapa sangka, pemain asal Selangor FA tersebut ternyata juga piawai dalam bertahan.

Evan menunjukkan kelebihannya tersebut saat membawa tim nasional U-23 Indonesia mengalahkan Taiwan dengan skor 4-0 pada pertandingan Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Minggu (12/8/2018).

Dia memang tidak mencetak gol atau menyumbangkan assists. Namun, pemain yang tergabung dalam Munial Sport Group tersebut berperan besar membuat Indonesia mencatatkan clean sheet alias tidak kebobolan.

Bermain selama 67 menit, Evan mencatat total 4 tekel, yang 3 di antaranya sukses. Persentase  kesuksesan tekelnya mencapai 75 persen.

Catatan tekel Evan tersebut lebih tinggi daripada torehan tekel empat bek. Hansamu Yama, misalnya, melakukan 3 kali tekel, di mana 2 di antaranya berujung sukses.

Torehan tekel Evan tersebut cukup mengejutkan mengingat dia lebih sering sebagai pengoper bola dari belakang ke lini depan.  

Selain itu, Evan juga tercatat melakukan satu kali intersep dan clearence dalam pertandingan tersebut.

Lalu bagaimana dengan statistik Evan sebagai pengoper bola?

Statistik Evan sebagai pengumpan bagus. Pemain asal Jawa Timur tersebut melepaskan 43 umpan sukses dari total 49.

Evan menjadi pemain keempat dengan umpan terbanyak. Pemain paling banyak melepaskan umpan adalah Ricky Fajrin.

Bek Bali United tersebut mencatat 65 umpan sukses dari total 67.

Evan diharapkan bisa mengulang penampilan gemilangnya saat Indonesia melawan Palestina pada pertandingan lanjutan Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018, Rabu (15/8/2018).

 

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X