Kompas.com - 12/06/2018, 20:03 WIB
Mural Lionel Messi dan timnas Argentina tampak di Bronnitsy yang menjadi tempat pemusatan latihan Tim Tango selama Piala Dunia 2018. KOMPAS TV/RADI SAPUTROMural Lionel Messi dan timnas Argentina tampak di Bronnitsy yang menjadi tempat pemusatan latihan Tim Tango selama Piala Dunia 2018.

Laporan langsung wartawan Kompas TV, Radi Saputro, dari Rusia.  

BRONNITSY, KOMPAS.com - Salah satu kandidat kuat pemenang Piala Dunia 2018, timnas Argentina, memilih kota yang penuh dengan misteri dan kutukan di Rusia,  sebagai markas mereka, Bronnitsy.

Bronnitsy merupakan kota yang terletak sekitar 55 kilometer dari Ibu Kota Rusia, Moskwa. Menurut sejarah, kota ini punya rekam jejak cukup menyeramkan, apalagi selama negara tersebut masih bernama Uni Soviet.

Kota yang menurut hasil sensus pada 2010 memiliki populasi sebanyak 21.000 orang ini, pada era Uni Soviet menjadi, salah satu wilayah yang acapkali terjadi bentrokan berdarah.

Hal itu diakibatkan karena sebagian penduduk Bronnitsy, masih sangat percaya dengan tradisi takhayul seperti praktek perdukunan dan hal mistis lainnnya.

Baca juga: Daftar Skuad Timnas Argentina di Piala Dunia 2018

Bahkan, hingga 1920-an di kota ini masih terdapat kuil-kuil pemujaan setan dan baru ditutup secara resmi oleh pemerintah Soviet kala itu pada 1930-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Parahnya lagi, setelah Soviet runtuh, kota ini termasuk yang termarginalkan oleh pemerintah Rusia.

Pada 2007 misalnya, saat terjadi teror politik di Oblast, Moskwa. Sekitar 300 penduduk kota ini menjadi korban.

 

Bronnitsy sendiri merupakan satu dari sedikit kota di Rusia yang masih tetap mempertahankan budaya dan bangunan kuno khas pemerintah Uni Soviet.

Kota tersebut punya klub sepak bola yang baru berdiri pada 1995 silam, FC Fabus Bronnitsy. Namun, klub itu hanya bermain di liga amatir Rusia dan pada 2004 lalu dinyatakan bubar karena bangkrut.

Timnas Argentina menggelar latihan terbuka perdananya di Bronnitsy Training Base, Senin (11/6/2018). Argentina akan melakoni laga perdananya di Piala Dunia melawan Islandia pada Sabtu (16/6/2018).BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWO Timnas Argentina menggelar latihan terbuka perdananya di Bronnitsy Training Base, Senin (11/6/2018). Argentina akan melakoni laga perdananya di Piala Dunia melawan Islandia pada Sabtu (16/6/2018).

Carlo, salah satu suporter Argentina yang datang ke pusat latihan timnas Argentina di Bronnitsy menganggap, tempat latihan Argentina ini akan membawa keberuntungan bagi Tim Tango di Piala Dunia.

Baca juga: Prediksi Laju Jerman di Piala Dunia 2018

“Tempat yang jauh dari keramaian. Saya rasa para pemain bisa fokus latihan dan meningkatkan konsentrasi di Piala Dunia kali ini, untuk memberikan hasil yang terbaik,” ucap Carlo.

Lionel Messi dan kawan-kawan sendiri akan menjalani laga perdananya di Piala Dunia, pada Sabtu, 16 Juni 2018 menghadapi timnas Islandia, di Stadion Spartak, Moskwa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kompas TV
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.