RD Prediksi Wakil Amerika Latin dan Eropa Bertemu di Final Piala Dunia - Kompas.com

RD Prediksi Wakil Amerika Latin dan Eropa Bertemu di Final Piala Dunia

Kompas.com - 12/06/2018, 19:48 WIB
Pelatih Sriwijaya FC Rahmad DarmawanKOMPAS.com/ Aji YK Putra Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan

KOMPAS.com – Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan ( RD), memprediksi, gelaran Piala Dunia 2018 yang bakal dilaksanakan di Rusia bakal tetap didominasi oleh tim-tim kuat langganan juara.

Mulai dari edisi perdana pada 1930 yang dilaksanakan di Uruguay hingga digelar di Brasil pada 2014, Brasil memimpin daftar pengoleksi trofi terbanyak dengan lima kali juara.

Brasil diikuti oleh Jerman dan Italia sebanyak empat kali, baru kemudian Argentina dan Uruguay dengan sama-sama dua kali tampil sebagai jawara. Adapun Spanyol, Perancis, dan Inggris masing-masing satu kali merasakan gelar juara.

"Saya kira masih akan didominasi oleh tim-tim langganan juara Piala Dunia, ada Brasil, Argentina, Jerman, dan Spanyol," ujar RD saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/6/2018).

Baca juga: VIK Selamat Datang Piala Dunia 2018

"Untuk final sendiri, saya kira masih akan mempertemukan antara jagoan Eropa dengan Amerika Latin. Saya sendiri berharap, Argentina yang dalam babak penyisihan sempat terseok-seok bisa bertemu antara Jerman atau Spanyol," ucap dia.

Mantan arsitek Terengganu FC di Liga Malaysia ini mempunyai pandangan tersendiri akan pilihannya menjagokan Argentina bisa melaju hingga babak puncak. Padahal di babak penyisihan Zona Amerika Latin, langkah tim Tango sempat terseok-seok.

"Biasanya tim yang punya kesulitan di babak penyisihan, mereka justru punya motivasi berlipat ketika main di putaran final (babak utama). Jadi, mereka akan bermain nothing to lose dan biasanya tim yang seperti itu cukup berbahaya," kata dia.

Sementara itu, Spanyol yang kali ini di bawah asuhan Julen Lopetegui berani dijagokan lantaran dianggap tengah kembali memiliki generasi emas setelah era Carles Puyol cs yang sukses menjuarai Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.

Baca juga: VIK Selamat Datang Piala Dunia 2018, dari Fakta, Rekor, hingga Jadwal

Begitu pula dengan Jerman yang masih dalam kendali Joachim Loew, yang sukses mengantar der Panzer tampil sebagai yang terbaik dalam gelaran Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Jerman saya rasa patut diperhitungkan karena konsistensi permainan yang tetap bisa mereka pertahankan, dengan pelatih yang masih sama. Kalau diuji coba kurang bagus kemarin, itu kan karena mereka banyak mencoba pemain muda, dengan adaptasi antara senior dan pemain muda masih berlangsung," ujar RD.

"Namun, saya pikir dalam pemusatan latihan, itu akan bisa membuat mereka bisa lebih baik," tutur dia.

AFP Kisaran Harga Pemain Piala Dunia 2018



Close Ads X