Dapat Sanksi Rp 427 Juta, PSSI Akan Kirim Surat ke FIFA

Kompas.com - 20/04/2018, 15:00 WIB
Logo FIFA di markas induk organisasi sepak bola dunia di Swiss. Foto diambil pada 10 Januari 2017. AFP/MICHAEL BUHOLZERLogo FIFA di markas induk organisasi sepak bola dunia di Swiss. Foto diambil pada 10 Januari 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan pihaknya akan segera mengirim surat kepada induk organisasi sepak bola dunia ( FIFA) terkait sanksi yang dijatuhkan kepada PSSI.

Surat itu dikirimkan terkait hukuman denda sebesar CHF 30.000 atau sekitar Rp 427 juta dari FIFA kepada federasi sepak bola Indonesia.

Joko Driyono menyebut PSSI akan tetap membayar denda tersebut kepada FIFA. Hanya, PSSI ingin meminta penjelasan dari FIFA terkait hukuman yang dimaksud.

"PSSI mengirim surat kepada FIFA untuk meminta penjelasan tentang hal ini karena sebelumnya kami menyampaikan permohonan agar implementasi ini dilakukan pada musim 2018," kata Joko kepada wartawan, termasuk BolaSport.com.

(Baca juga: Kekhawatiran Edy Rahmayadi soal Evan Dimas dan Ilham Udin di Malaysia Kini Jadi Kenyataan)

PSSI dijatuhi denda dengan nominal tersebut karena tidak mengurangi poin dari enam klub yang berada di bawah naungannya. Namun, dalam laman resmi FIFA, belum disebut secara rinci enam klub yang dimaksudkan.

Joko memberitahu bahwa enam klub tersebut adalah Madura United, Persik Kediri, Persegres Gresik United, Persiwa Wamena (dua kasus), dan Persepam Madura.

Pria asal Ngawi tersebut mengatakan bahwa rentetan kasus yang berujung denda tersebut mulai terjadi sejak 2013, namun Komdis FIFA baru bisa menjatuhkan hukuman saat ini.

Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono (tengah) didampingi Exco PSSI, Iwan Budianto saat memberikan keterangan soal alih kepemimpinan sementara PSSI di kantor PSSI, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2018) siang.ADE JAYADIREJA/BOLASPORT.COM Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono (tengah) didampingi Exco PSSI, Iwan Budianto saat memberikan keterangan soal alih kepemimpinan sementara PSSI di kantor PSSI, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2/2018) siang.

Dari semua klub di atas, khusus poin Persiwa, Persik, dan Persepam semestinya baru akan dikurangi saat musim 2018 berlangsung.

Namun, hal itu belum dilakukan karena Liga 2 dan Liga 3 belum dimulai.

"Pengurangan poin belum diimplementasikan dan belum bisa dieksekusi sekarang, tetapi FIFA sudah langsung menjatuhkan hukuman karena sudah tenggat waktunya," kata Joko.

"Oleh karenanya kami memahami saat ini tidak bisa dijalankan. Tentu PSSI menerima bahwa FIFA menganggap PSSI belum menjalankan pengurangan poin itu," kata Wakil Presiden AFF tersebut.

Sanksi terhadap PSSI itu sebagaimana ditetapkan dalam beberapa keputusan Komite Disiplin FIFA yang melanggar pasal 64 dari Kode Disiplin FIFA (Atau kegagalan untuk menghormati keputusan yang disahkan oleh FIFA Dispute Resolution Chamber). (Mochamad Hary Prasetya)

 



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X