Mantan Pelatih Gamba Osaka Akan Tangani Jepang pada Piala Dunia 2018 - Kompas.com

Mantan Pelatih Gamba Osaka Akan Tangani Jepang pada Piala Dunia 2018

Kompas.com - 09/04/2018, 19:02 WIB
Pelatih Gamba Osaka, Akira Nishino, terpilih sebagai Pelatih Terbaik Asia 2008 pada malam penghargaan AFC di Shanghai, 25 November 2008. AFP/MARK RALSTON Pelatih Gamba Osaka, Akira Nishino, terpilih sebagai Pelatih Terbaik Asia 2008 pada malam penghargaan AFC di Shanghai, 25 November 2008.

TOKYO, KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) menunjuk Akira Nishino untuk menggantikan Vahid Halilhodzic sebagai juru strategi timnas Jepang pada Piala Dunia Rusia 2018. Sebelumnya, Nishino pernah melatih tim J1 League, kasta teratas Liga Jepang, selama 10 musim pada tahun 2002 hingga 2011.

Nishino akan menghadapi tugas berat karena Piala Dunia 2018 tinggal 70 hari lagi. Menurut presiden JFA, Kozo Tashima, Nishino adalah sosok yang tepat untuk mengembalikan permainan tim berjulukan Samurai Biru ini menjadi lebih agresif dan menyerang.

"Kami ingin melihat permainan yang agresif, cerdas dan lebih mematikan," kata Tashima dikutip dari Sport24.

"Asosiasi membuat keputusan ini karena tim kami tidak menunjukkan perkembangan dan mengalami krisis penampilan," ujar Tashima menambahkan.

(Baca Juga: Sergio Ramos Minta Real Madrid Jaga Cristiano Ronaldo dengan Hati-hati)

Jika melihat rekor kepelatihan Nishino, kemungkinan timnas Jepang akan kembali menemukan penampilan terbaiknya. Nishino pernah membawa Gamba Osaka menjadi juara Liga Champions Asia tahun 2008.

Tidak hanya itu, publik Jepang juga pasti mengingat bagaimana strategi Nishino berhasil mengalahkan Brasil 1-0 pada Olimpiade Atlanta 1996. Saat itu Brasil diperkuat Ronaldo dan Roberto Carlos.

Laga uji coba terdekat Jepang adalah melawan Ghana pada 30 Mei 2018. Piala Dunia nanti akan menjadi keikutsertaan yang keenam secara beruntun bagi Jepang.

Nantinya, Jepang tergabung di Grup H bersama Kolombia, Senegal dan Polandia. Mereka harus berjuang keras memperebutkan satu dari dua tiket grup tersebut untuk lolos ke babak selanjutnya.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X