Cara Rahmad Darmawan Lindungi Perkembangan Abimanyu

Kompas.com - 19/02/2018, 21:30 WIB
Pesepak bola Timnas U-19 Indonesia Syahrian Abimanyu (kanan) menendang bola ke gawang Timnas U-19 Thailand dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (8/10/2017). Timnas U-19 Indonesia menang 3-0 atas Timnas U-19 Thailand. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPesepak bola Timnas U-19 Indonesia Syahrian Abimanyu (kanan) menendang bola ke gawang Timnas U-19 Thailand dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (8/10/2017). Timnas U-19 Indonesia menang 3-0 atas Timnas U-19 Thailand.
|

KOMPAS.com - Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, punya cara untuk menjaga bintang muda Syahrian Abimanyu.

Syahrian Abimanyu tampil memesona bersama Sriwijaya sejak diberikan kesempatan tampil pada fase grup Piala Presiden 2018.

Namun, seiring popularitasnya yang meroket, muncul kekhawatiran pemain berusia 18 tahun itu tak kuat menyikapi sorotan media yang bisa mengancam masa depannya.

Demi mengantisipasinya, Rahmad Darmawan punya aturan yang harus dipatuhi Abimanyu saat berhadapan dengan media.

Baca juga: Tiga Pilar Penting Timnas U-23 Indonesia Cedera di Hari Kedua Pemusatan Latihan

"Untuk menjaga seorang pemain seperti Abimanyu, saya punya aturan khusus kepada pemain muda. Setiap media yang ingin mewawancarainya wajib meminta izin kepada head coach, yaitu saya," kata RD, kepada wartawan, termasuk BolaSport.com

"Abimanyu hanyalah 1 dari 30 pemain Sriwijaya, tetapi saya selalu memberikan kesempatan kepadanya karena dia memang tampil bagus di setiap latihan," ujarnya.

RD mengakui, ada beberapa kekurangan yang masih harus diperbaiki mantan pemain Persija Jakarta U-19 itu.

"Setiap diberikan kesempatan tampil, dia juga mampu tampil baik. Namun, masih harus belajar soal penguasaan ritme. Meski begitu, dia memang mempunyai passing yang bagus," ujar mantan pelatih T-Team di Liga Super Malaysia itu. 

"Seorang midfielder kadang harus hold bola, kapan harus melepas bola, kapan harus penetrasi. Selebihnya, Abimanyu harus dijaga supaya tak lepas kontrol," tutur RD.

Baca juga: Bila Piala Presiden Dijadikan Turnamen Resmi Piala Indonesia, Maruarar Sirait Siap!

Abi, sapaan Syahrian Abimanyu, tampil sebagai starter dalam enam dari total tujuh pertandingan yang dilakoni Laskar Wong Kito pada Piala Presiden 2018. 

Pemain 18 tahun asal Banjarnegara ini juga mencetak satu gol, yakni melalui eksekusi tendangan bebas cantik di laga perempat final versus Arema FC. (M Robbani)

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X