Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Ronaldo, Harry Kane Juga Pernah Bikin Penalti Hantu

Kompas.com - 16/02/2018, 12:52 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Penalti Cristiano Ronaldo saat melawan Paris Saint-Germain (PSG) masih menjadi perbincangan. Bukan soal penyebab penalti, tetapi bola yang sudah lebih dulu bergerak sebelum dieksekusi oleh megabintang asal Portugal tersebut.

Ternyata, kejadian tersebut bukan kali pertama. Sebelumnya, penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, pernah melakukan penalti serupa pada Desember 2016.

Real Madrid menang 3-1 atas PSG pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (14/2/2018) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Gol Los Blancos dicetak oleh Cristiano Ronaldo (menit ke-45'-penalti, 83') dan Marcelo (86'), sedangkan satu gol PSG dicetak Adrien Rabiot (33').

(Baca juga: VIDEO - Bola Bergerak Sebelum Ditendang, Benarkah Cristiano Ronaldo Cetak Gol Penalti Lewat 2 Sentuhan?)

Gol pertama Ronaldo banyak mengundang tanya karena bola terlihat bergerak sebelum ditendang. Dalam tayangan ulang, bisa terlihat bahwa sepersekian detik sebelum bola mengenai kaki, bola tampak terangkat ke atas.

Ini membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai penalti "hantu" karena bola bergerak terlebih dahulu sebelum ditendang. Namun teori tersebut telah dipatahkan ahli perkebunan asal Inggris bernama Peter Seabrook, yang menyatakan penyebab bola dapat terangkat ke atas adalah adanya kantong air di bawah permukaan lapangan.


"Jika rumput tertanam pada tanah yang cukup berat, genangan air pasti bisa terbentuk di bawahnya sehingga ketika diinjak akan menyemprotkan air ke atas dan mengangkat bola," ujarnya dilansir BolaSport.com dari The Sun.

"Beberapa lapangan yang dimiliki klub Liga Inggris saat ini telah direnovasi sehingga tak mungkin ada genangan air di bawah rumput. Saya tidak tahu bagaimana jika di Spanyol," tambahnya.

Ternyata, Ronaldo bukan yang pertama melakukan hal tersebut. Kane pernah melakukan penalti serupa Ronaldo pada 28 Desember 2016 saat laga Southampton vs Tottenham, seperti dikutip BolaSport.com dari Give Me Sport.

Namun berbeda dengan Ronaldo yang berhasil mencetak gol, tendangan Kane justru melambung tinggi ke atas. Jika melihat tayangan ulang dengan diperlambat, terlihat bola telah terangkat pada sepersekian detik sebelum ditendang Kane.

Kane terlihat tak percaya usai menendang bola tersebut. Beruntung dalam laga itu, Kane dkk sudah mengunci kemenangan 4-1 dan takkan kecewa soal kegagalan penalti itu. (Bagas Reza Murti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com