Kompas.com - 29/12/2017, 05:46 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

LONDON, KOMPAS.com - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyamai rekor milik manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Kedua pelatih sama-sama mengoleksi 810 pertandingan di Premier League - kasta teratas Liga Inggris. 

Wenger menyamai rekor Ferguson saat Arsenal menang 3-2 atas Crystal Palace pada pertandingan pekan ke-20 Premier League di Stadion Selhurst Park, Kamis (28/9/2017) atau Jumat dini hari WIB. 

Pria 68 tahun ini tak percaya bahwa dirinya berhasil bertahan lebih dari dua dekade di Arsenal dan berhasil mencatat 810 laga.

"Anda tidak akan pernah bisa membayangkan hal itu sampai mendapatkannya. Setiap pertandingan bak judi," ujar Wenger sebelum pertandingan kepada Standard.

(Baca Juga : Saat Arsene Wenger Diprotes Pemain Arsenal karena Cokelat)

"Ini seperti russian roulette, setiap pertandingan. Anda berpikir pada tahap tertentu peluru akan memukul Anda. Jadi ini benar-benar luar biasa. Anda tidak pernah memprediksi ini," tuturnya melannjutkan. 

Kendati sama dari segi jumlah pertandingan, ada perbedaan mencolok antara Wenger dan Ferguson. Dalam 810 laga, pasukan Wenger cuma menang 468 kali dan meraih tiga gelar Premier League.

Bandingkan dengan Fergie di Manchester United. Dia meraih 13 titel Premier League dan mencatat 528 kemenangan.

Jumlah produktivitas gol juga berbeda. Wenger bersama Arsenal punya rekor 1.521-779, berbanding 1.627-703 milik Manchester United pada era Fergie.

Dari rekor personal, Wenger cuma mendapat tiga gelar manajer terbaik. Jumlah itu begitu timpang dengan 11 gelar Fergie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.