Mesin Gol Bali United Coba Menerka Keputusan Robben Pensiun

Kompas.com - 12/10/2017, 07:06 WIB
Pemain sayap timnas Belanda, Arjen Robben (11), mencetak gol penalti ke gawang Swedia pada babak pertama partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017).EMMANUEL DUNAND/AFP Pemain sayap timnas Belanda, Arjen Robben (11), mencetak gol penalti ke gawang Swedia pada babak pertama partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017).

KOMPAS.COM - Arjen Robben memutuskan pensiun dari tim nasional Belanda. Gelandang Bayern Muenchen tersebut menyampaikan keputusannya seusai timnas Belanda menang 2-0 atas Swedia dalam laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion Amsterdam Arena, Selasa (10/10/2017) atau Rabu dini hari WIB.

Robben memborong dua gol kemenangan Belanda pada laga tersebut. Namun, kemenangan tim berjulukan Oranje ini tak mampu membawa mereka lolos ke Piala Dunia 2018.

Robben memandang ini waktu yang tepat bagi dirinya untuk berpisah dengan tim nasional Belanda.

"Saat ini, saya ingin fokus untuk karier di klub (Bayern Muenchen)," kata Robben seperti dikutip BolaSport.com dari Mirror.

"Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyerahkannya kepada generasi selanjutnya," ucap sang kapten.

Terkait keputusan Robben, Sylvano Comvalius punya pendapat. Penyerang Bali United tersebut menyayangkan keputusan Robben.

Di sisi lain, Comvalius menilai Robben telah membuat keputusan tepat untuk regenerasi di skuad Belanda.

"Menurut saya, Robben masih sangat bagus sebagai pemain. Namun, dia sadar bahwa waktunya untuk perubahan dan perlu regenarasi," kata Comvalius kepada BolaSport.com, Rabu (11/10/2017).

Baca juga: Belanda Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018, Top Scorer Sementara Liga 1 Sedih

"Dalam dua tahun ke depan, dia akan berusia 35 tahun. Jadi ini kesempatan terakhirnya (Piala Dunia), dia bisa bermain," ujarnya top scorer Liga 1 tersebut menambahkan.

Robben telah mencatatkan 97 caps untuk Belanda. Dia selalu mencetak gol maupun assist tiap 112 menit untuk Oranje (37 gol, 29 assist).

Pencapaian tertinggi Robben adalah menjadikan Belanda runner-up di Piala Dunia 2010.

Saat itu, Belanda gagal menjadi juara setelah kalah dari Spanyol dengan skor 0-1 di partai puncak. Gol tunggal Spanyol diciptakan Andres Iniesta.

 

Berikut 23 negara yang telah memastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Siapa jagoan kalian? . #pialadunia #pialadunia2018 #worldcup #worldcup2018

Sebuah kiriman dibagikan oleh BolaSport.com (@bolasportcom) pada Okt 10, 2017 pada 9:54 PDT

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAloysius Gonsaga AE
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X