Meksiko Ikut Jejak Brasil, Iran dan Jepang ke Putaran Final Piala Dunia

Kompas.com - 02/09/2017, 19:49 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Meksiko menyegel tiket ke putaran final Piala Dunia 2017 di Rusia. Kemenangan tipis 1-0 atas Panama dalam kualifikasi Zona Amerika Utara, Jumat (1/9/2017) atau Sabtu pagi WIB, membuat posisi Negeri Sombrero ini tak mungkin terlempar dari zona aman menuju Rusia.

Hirving Lozano menjadi pahlawan kemenangan Meksiko. Pemain pengganti ini membayar kepercayaan pelatih Juan Carlos Osoria dengan memecah kebuntuan tim pada menit ke-51.

Alhasil, Meksiko mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam kualifikasi zona Concacaf. Mereka mencetak 10 gol, kebobolan 2 gol dan mengoleksi 5 kemenangan serta dua hasil seri.

Terlepas dari rekor tersebut, hal terpenting adalah Meksiko sudah memastikan diri tampil di Rusia. Itu artinya mereka menjadi tim keenam yang lolos ke putaran final turnamen empat tahunan tersebut, menyusul tuan rumah Rusia, serta Brasil, Jepang dan Iran.

Meksiko juga membuat catatan untuk kali ketujuh secara beruntun lolos ke putaran final Piala Dunia. Secara keseluruhan, El Tri akan mengikuti turnamen tersebut untuk ke-16 kalinya sepanjang sejarah.

Untuk Zona Concacaf, tiga tim teratas akan mendapat tiket otomatis ke Rusia sedangkan peringkat keempat mengikuti play-off. Itu artinya, dua tempat tersisa masih diperebutkan oleh Kosta Rika, Amerika Serikat, Honduras dan Panama.

Kosta Rika dalam posisi yang jauh lebih aman dibandingkan para pesaing yang lain karena mereka ada di urutan kedua dengan nilai 14, unggul enam angka atas Amerika Serikat dan Honduras. Lantaran babak kualifikasi menyisakan tiga pertandingan, Kosta Rika hanya perlu tambahan empat poin sehingga tak bisa dikejar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.