Kompas.com - 12/04/2017, 07:56 WIB
Seragam Fluminense de Feira. Fluminense de FeiraSeragam Fluminense de Feira.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Klub Serie D alias kasta keempat Brasil, Fluminense de Feira, mengambil solusi tidak biasa demi mengatasi finansial tim.

Mereka menggunakan nomor punggung di seragam pemain untuk menginformasikan produk-produk sebuah supermarket lokal di Bahia.

Ambil contoh seragam bernomor lima yang digunakan untuk mempromosikan sampo bermerek Palmilive seharga 5,98 real (sekitar Rp 25.000). Angka lima tetap dituliskan besar, sisanya berukuran kecil di sebelahnya.

Atau, tengok saja seragam nomor sepuluh yang biasa menjadi milik Fernando Sabral. Kostum ini dimanfaatkan untuk memamerkan piza seharga 10,98 real.

Adapun nama produk dipasang tepat di atas nomor punggung. Alhasil, tak ada tempat untuk mencantumkan nama Sabral atau pemain lainnya.

Area lain di bagian belakang juga sudah sesak dengan logo-logo sponsor.

Fluminense de Feira Fluminense de Feira

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, cara ini tidak pernah direncanakan oleh Fluminense de Feira pada awal musim. Namun, saat kompetisi berjalan, mereka merasakan kekurangan untuk biaya operasional.

Mereka pun menggandeng sponsor untuk setiap pertandingan demi menutupi beban finansial. Salah satunya adalah supermarket yang berniat mempromosikan harga produknya lewat nomor punggung pemain.

"Kami akan menawarkan sesuatu yang berbeda pada setiap pertandingan," Direktur Pemasaran Xito Melo.

Tidak diketahui berapa besar efek inovasi yang diterapkan Fluminense de Feira. Mereka tidak pernah merilis laporan keuangan sejak 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.