Kompas.com - 13/02/2017, 22:16 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla (jaket merah) bersama staf kepelatihannya dr Syarief Alwi, Miguel Gandia, Bima Sakti, Eduardo Perez, serta Bayu Putra (dari kiri ke kanan) di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/2/2016). Segaf Abdullah/JUARAPelatih timnas Indonesia, Luis Milla (jaket merah) bersama staf kepelatihannya dr Syarief Alwi, Miguel Gandia, Bima Sakti, Eduardo Perez, serta Bayu Putra (dari kiri ke kanan) di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/2/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

BANDUNG, KOMPAS.com - Asisten Pelatih tim nasional Indonesia, Bima Sakti, menerangkan, ada tiga tahapan dalam proses seleksi pemain timnas U-23. Proses tahap pertama akan dilakukan pada 22 Februari 2017.

Hal itu diungkapkan Bima sewaktu menyaksikan laga Grup C turnamen Piala Presiden 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Minggu (12/2/2017) kemarin.

"Daftar sementara ada 25 pemain, itu yang nanti akan kami panggil. (Jika lolos) Kami seleksi lagi dan dipanggil untuk tahap kedua," ucap mantan kapten timnas itu.

Pada tahap ketiga, pelatih Luis Mila bakal memutuskan langsung siapa saja yang akan mengisi skuad timnas U-23. Setelah melakukan tiga tahapan tes, dari 25 pemain yang diseleksi, akan dikerucutkan menjadi 20 nama.

"Karena dari 25 pemain itu, belum tentu semuanya akan terpilih, mungkin hanya 50 atau 70 persen. Kemarin coach Luis bilang tim butuh 25 pemain sementara. Namun, kalau ke Spanyol dan SEA Games, hanya butuh 20 pemain. Lebih kecil, lebih baik," ujarnya.

Setelah tim U-23 terbentuk, Luis Mila akan mengagendakan pemusatan latihan dan direncanakan memboyong para pemain untuk mengikuti turnamen di Azerbaijan pada Mei dan Juni 2017 mendatang.

"Sesudah presentasi kepada PSSI, coach Luis akan melakukan beberapa kali training camp jangka pendek. Jangka panjangnya kemungkinan pada bulan Mei dan Juni," ucap Bima. 

"Kami akan ikut turnamen di Azerbaijan. Lawannya memang tingkat senior, tetapi tidak apa-apa untuk pengalaman dan jam bertanding pemain. Setelah itu, kami akan ke Spanyol," tuturnya. 

Jadwal bentrok 

Tahap pertama seleksi timnas U-23 akan digelar pada 22 Februari mendatang. Situasi itu akan berdampak pada para kontentestan Piala Presiden 2017. Pada waktu bersamaan, turnamen tersebut baru memasuki babak 8 besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.