Brasil-Kolombia Hasilkan Rp 16 Miliar untuk Chapecoense

Kompas.com - 26/01/2017, 19:50 WIB
Brasil dan Kolombia menyelenggarkan laga amal untuk Chapecoense di Stadion Olimpiade Rio, Rabu (25/1/2017). VANDERLEI ALMEIDA/AFPBrasil dan Kolombia menyelenggarkan laga amal untuk Chapecoense di Stadion Olimpiade Rio, Rabu (25/1/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Tim nasional Brasil menang 1-0 atas Kolombia dalam laga amal untuk Chapecoense, pada Rabu (25/1/2017) waktu setempat. Kemenangan tipis tim Samba ditentukan gol yang dicetak oleh penyerang Palmeiras, Dudu.

Laga diselenggarakan dengan tujuan menggalang dana untuk keluarga korban para pemain dan staf Chapecoense yang meninggal akibat kecelakaan pesawat pada November lalu.

Dalam kecelakaan tersebut, tercatat 71 orang tewas. Sebanyak 19 di antaranya adalah pemain Chapecoense dan sang pelatih, Caio Junior.

Berdasarkan laporan Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF), laga amal antara Brasil dan Kolombia sukses meraup dana hingga 1,2 juta dolar AS (Rp 16 miliar) yang berasal dari pembayaran hak siar.


Selain itu, Chapecoense juga akan menerima hasil keuntungan dari penjualan tiket pertandingan, yang nantinya bakal diserahkan kepada keluarga korban.

Pelatih Brasil, Tite, mengungkapkan rasa syukurnya setelah pertandingan berjalan sesuai dengan harapan.

"Pertandingan ini lebih mengedepankan sisi kemanusiaan ketimbang aspek kompetitifnya," kata Tite seusai laga.

Dalam pertandingan itu, hadir pula seorang penyiar radio dan tiga pemain Chapecoense yang selamat dari tragedi kecelakaan pesawat.


Salah satunya adalah Jackson Follman, kiper Chapecoense yang datang dengan menggunakan kursi roda.

Saat ini, Chapecoense sendiri sudah membangun kembali skuadnya. Mereka kini memiliki 28 pemain yang sebagian besar merupakan pinjaman dari klub lain.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X