Gol Emas Gendut Doni Antarkan Indonesia ke Final Perdana Piala Tiger

Kompas.com - 23/11/2016, 16:01 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Pertandingan babak tambahan semifinal Piala Tiger 2000 antara Indonesia dan Vietnam akan segera berakhir. Pelatih Dananjaya yang berada di pinggir lapangan sudah gelisah karena anak asuhnya tak kunjung mencetak gol. Skor masih kuat 2-2.  

Seketika, keajaiban terjadi. Menerima bola dari belakang, Kurniawan Dwi Yulianto berhasil menguasai bola dengan dadanya di dalam kotak penalti.

Si Kurus lalu mengecoh salah satu pemain Vietnam hingga terjatuh. Aksi menawan Kurniawan mampu memancing kiper Vietnam untuk keluar dari sarangnya.

Sekali lagi, Kurniawan menunjukkan "kelicikannya" sehingga kiper Vietnam tersebut terjatuh.

Setelah itu, Kurniawan menyodorkan bola kepada Gendut Doni. Di depan mulut gawang, Gendut yang bernomor punggung 22 sesuai dengan umurnya saat itu dihadang oleh 4 pemain Vietnam.

Tiga pemain termasuk kiper berdiri di bawah mistar gawang, sementara satu pemain Vietnam lainnya hanya berjarak satu meter berusaha menutup pergerakkan Gendut.

Namun, Gendut memenangkan pertarungan, setelah bola hasil tembakan kaki kirinya bersarang ke sisi tengah bagian atas gawang Vietnam.

Gendut kemudian berlari kegirangan menuju ofisial tim untuk merayakan golnya. Gol pemain asal Salatiga tersebut menjadi kunci kemenangan Indonesia dengan skor 3-2 atas Vietnam yang saat diasuh Alfred Riedl.

Lebih dari itu, kemenangan di Stadion Rajamangala, Bangkok, tersebut, membawa Indonesia untuk kali pertama mencicipi laga final.

Indonesia memang pantas meraih tiket final karena mampu unggul 2 kali selama 90 menit. Gendut juga memiliki andil pada setiap gol timnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.