Kekalahan Warnai Debut Donnarumma sebagai Kiper Termuda Italia

Kompas.com - 02/09/2016, 04:46 WIB
Kegembiraaan Anthony Martial seusai membawa Perancis unggul atas Italia di Stadion San Nicola, Kamis (1/9/2016). ALBERTO PIZZOLI/AFPKegembiraaan Anthony Martial seusai membawa Perancis unggul atas Italia di Stadion San Nicola, Kamis (1/9/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

BARI, KOMPAS.com - Gianluigi Donnarumma mencatat rekor sebagai kiper termuda yang tampil dalam sepanjang sejarah tim nasional Italia. Namun, kiper AC Milan itu gagal mengantarkan timnya meraih kemenangan.

Perancis menuai hasil positif saat melakoni laga uji coba di kandang Italia, Kamis (1/9/2016) atau Jumat dini hari WIB. Mereka mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 3-1.

Bermain di Stadion Comunale San Nicola, Bari, Perancis sebenarnya tidak mendominasi permainan. Penguasaan bola mereka adalah 41 persen. Kendati demikian, Perancis membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-17 via Anthony Martial.

Menerobos masuk kotak penalti dan lolos dari jebakan offside, striker Manchester United itu menuntaskan aksinya dengan sepakan mendatar ke sisi kanan gawang Gianluigi Buffon.

Keunggulan Perancis tak bertahan lama. Empat menit berselang, Italia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Graziano Pelle.

Perancis lantas merespons. Pada menit ke-28, skuat asuhan Didier Deschamps kembali memimpin setelah sepakan kaki kiri Olivier Giroud bersarang di sudut kiri gawang Italia.

Gol dari Giroud menjadi yang terakhir pada babak pertama. Perancis turun minum dengan keunggulan 2-1.

Memasuki babak kedua, Italia dan Prancis melakukan sejumlah pergantian. Pelatih Giampiero Ventura memasukkan Donnarumma yang baru berusia 17 tahun 6 bulan. Sebuah rekor untuk penampilan di Gli Azzurri.

Italia maupun Perancis saling berbalas serangan. Prancis mengancam lewat sepakan Andre-Pierre Gignac yang masih menyamping di sisi kiri gawang.

Tak mau kalah, Italia gantian menciptakan peluang lewat tendangan jarak jauh Ricardo Montolivo, tetapi bola bisa dimentahkan kiper Steve Mandanda.

Akhirnya Perancis-lah yang berhasil menambah pundi-pundi gol. Pada menit ke-81, Layvin Kurzawa menggetarkan gawang Italia setelah meneruskan umpan Paul Pogba.

Skor bertahan sampai laga usai. Perancis pulang dengan kemenangan 3-1. (Ade Jayadireja) 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X