Schweinsteiger Bicara soal Alasan Pensiun dan Harapan untuk Jerman

Kompas.com - 30/07/2016, 07:31 WIB
Bastian Schweinsteiger sempat gagal penalti saat menghadapi Gibraltar, Sabtu (13/6/2015). DFB.deBastian Schweinsteiger sempat gagal penalti saat menghadapi Gibraltar, Sabtu (13/6/2015).
EditorAloysius Gonsaga AE

MANCHESTER, KOMPAS.com - Mantan kapten Jerman, Bastian Schweinsteiger, bicara secara terbuka tentang alasannya pensiun dari Der Panzer dan harapannya untuk Manuel Neuer dkk.

Lewat pernyataan resminya, pemain Manchester United tersebut mengumumkan bahwa dia tidak bersedia dipanggil lagi ke pertandingan-pertandingan Jerman.

Dia mundur setelah menjalani 120 penampilan dalam seragam putih-hitam khas Jerman, serta merasakan gelar juara pada Piala Dunia 2014.

Keputusan tersebut seperti menjawab saran beberapa seniornya antara lain Michael Ballack dan Lothar Matthaeus yang mengatakan bahwa dia sebaiknya mundur dari tim nasional selepas Piala Eropa 2016.

Di situs resmi DFB.de, Schweinsteiger berbicara tentang keputusannya mundur dan melepas ban kapten Die Mannschaft.

"Saya merasa kesulitan mengikuti ritme dan gaya main Jerman. Namun, Joachim Loew tetap memberi saya kesempatan bermain dan saya bersyukur karenanya," ujar Schweinsteiger soal alasannya mundur.

"Pada Piala Eropa 2016 kami menampilkan permainan terbaik dan menyingkirkan Italia, tetapi kekalahan dari Perancis terasa pahit. Saya sudah memikirkan pensiun setelah turnamen dan tidak memerlukan waktu lama untuk berpikir."

Pemain berusia 31 tahun ini pun mengungkapkan bagaimana dia mengambil keputusan nan berat tersebut. Padahal, dia merasakan kebahagiaan menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Keputusan ini tetap terasa berat. Untuk saya pribadi tidak ada yang bisa menandingi perasaan memenangi Piala Dunia 2014," ungkapnya.

"Kemenangan itu sangat berarti secara historis dan emosional, serta tidak akan terulang dalam karier saya."

"Saya sudah tujuh kali berpartisipasi pada turnamen bersama pelatih sekelas Rudi Voeller, Juergen Klinsmann, dan Joachim Loew. Di timnas Jerman saya bertemu pemain-pemain hebat."

Schweinsteiger pun menaruh harapan kepada para pemain yang terus berkiprah membela Jerman. Dia berharap Der Panzer bisa mempertahankan trofi Piala Dunia pada event di Rusia tahun 2018 nanti.

"Piala Eropa 2016 menunjukkan bahwa pemain-pemain muda kami sudah sangat berkembang. Beberapa pemain yang absen saat Piala Eropa pun pasti akan segera kembali. Loew berada di jalur yang tepat," tuturnya.

"Sekarang mungkin saya sudah tidak bermain, tetapi akan berusaha menjaga hubungan dengan tim nasional. Saya merasa terhormat bisa bermain untuk para suporter dan berterima kasih untuk semua pengalaman yang saya dapatkan."




Sumber JUARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X