Kompas.com - 18/04/2016, 06:21 WIB
Ekspresi Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menjelang partai kontra Bournemouth pada lanjutan Premier League di Stadion Dean Court, Minggu (17/4/2016). GLYN KIRK/AFPEkspresi Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menjelang partai kontra Bournemouth pada lanjutan Premier League di Stadion Dean Court, Minggu (17/4/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Julukan Tinkerman mungkin bukan milik Claudio Ranieri lagi, melainkan Louis van Gaal dan Juergen Klopp. Tengok saja kebiasaan dua nama terakhir melakukan bongkar pasang skuad.

Bersama Manchester United, Van Gaal telah menurunkan 33 pemain pada Premier League 2015-2016. Di antara seluruh kontestan kasta teratas Inggris, catatan ini merupakan yang tertinggi kedua.

Jumlah itu mencakup beberapa pemain produk akademi seperti James Weir, Timothy Fosu-Mensah, dan Marcus Rashford. Nama terakhir sudah menjadi langganan tim inti.

Adapun Juergen Klopp sudah memberikan jatah untuk 31 pemain Liverpool. Berbekal catatan ini, Liverpool era Klopp cuma kalah dari Manchester United.

Pemain ke-31 adalah Danny Ward, yang mengawal gawang saat Liverpool melawan Bournemouth di Stadion Dean Court, Minggu (17/4/2016). Pada laga ini, Klopp mengganti sepuluh pemain di susunan tim inti.

Perlu diingat, Klopp baru mengasuh The Reds sejak Oktober 2015. Apabila ditambah era Brendan Rodgers, Liverpool sudah menurunkan 37 pemain atau menjadi yang terbanyak dibandingkan klub kasta teratas Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebiasaan Van Gaal dan Klopp merepresentasikan kata "tinkerman" dalam kamus Inggris versi Collins.

A manager or coach who continually experiments by changing the personnel or formation of a team from game to game,” tulis kamus tersebut terkait kata “tinkerman”.

Baca Juga: Masih Pantaskah Ranieri Dijuluki Tinkerman?

Awalnya, kata tersebut merujuk kepada Ranieri, yang gemar merotasi skuad Chelsea pada 2002-2003.

Akan tetapi, kebiasaan tersebut ditanggalkan Ranieri dengan Leicester City musim ini. The Foxes cuma menggunakan 27 pemain pada berbagai ajang, delapan di antaranya mendapatkan jatah lebih dari 2.500 menit.

Juara Siapa Jatuhkan Van Gaal?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.