Kompas.com - 14/10/2015, 07:12 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati


AMSTERDAM, KOMPAS.com
- Pelatih Danny Blind menjadi sosok yang paling disalahkan lantaran Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Namun, para pemain masih mendukung dia dan menilai kegagalan De Oranje bukan salah Blind seorang.

Semifinalis Piala Dunia 2014 tersebut kembali memetik hasil buruk di partai pamungkas Grup H dengan mengalami kekalahan 2-3 melawan Republik Ceko, Selasa (13/10/2015) atau Rabu (14/10/2015) dini hari WIB, di Amsterdam ArenA. Belanda hanya finis di peringkat keempat di bawah Ceko, Islandia, dan Turki yang lolos langsung ke Perancis 2016.

Kekalahan dari Ceko dan kegagalan lolos diakui menyakitkan. "Aku merasa hampa, baik secara fisik dan mentalitas. Kami memulai laga dengan baik, tetapi kemudian melakukan kesalahan tak perlu," ujar Wesley Sneijder kepada NOS.

Kendati kecewa Belanda gagal lolos, Sneijder menganggap tak patut menimpakan kesalahan sepenuhnya kepada Blind. "Blind harus dipertahankan meski ini bukan ia yang menentukan. Ini merupakan kegagalan kolektif. Kami para pemain, gagal mewujudkan kemenangan yang seharusnya bisa diraih," ujarnya.

Dukungan lain juga diutarakan dari pemain Manchester United sekaligus anak kandung Danny, yakni Daley Blind. Ia memastikan seluruh skuat timnas Belanda tetap mendukung sang ayah.

"Aku mendukung pelatih, begitu juga dengan seluruh pemain lain. Hari ini adalah sebuah kekecewaan besar, tetapi kami sepenuhnya berada di belakang pelatih," ucapnya.

Kegagalan melangkah ke putaran final Piala Eropa bagi Belanda merupakan yang pertama sejak 1984. Uniknya, saat itu putaran final juga dilakukan di Perancis, sama seperti tahun depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.