Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Ditahan Roma, Messi Gagal Kejar Ronaldo

Kompas.com - 17/09/2015, 04:10 WIB
Anju Christian

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Barcelona cuma bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas AS Roma, Stadion Olimpico, pada fase grup Liga Champions, Rabu waktu setempat atau Kamis (17/9/2015) dini hari WIB. Bintang Barcelona, Lionel Messi, tak mencetak gol pada pertandingan ini.

Dengan demikian, Messi cuma menempati peringkat kedua untuk pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa. Dia tertinggal tiga gol dari Cristiano Ronaldo, yang menyumbang hat-trick saat Real Madrid menang 4-0 atas Shakhtar Donetsk, satu hari sebelumnya (16/9/2015).

Roma juga menambah deretan klub Italia yang mampu meredam Lionel Messi. Sebelumnya, Messi cuma mampu mencetak gol ke gawang AC Milan, tetapi tumpul ketika bersua Juventus, Udinese, dan Inter Milan.

Sebenarnya, Barcelona unggul jauh dari sisi penguasaan bola dan peluang. UEFA mencatat, Barcelona menguasai 69 pertandingan dan melepaskan enam tembakan ke arah gawang dari 12 percobaan. Sementara itu, Roma cuma melakukan tiga tendangan tepat sasaran dari enam usaha.

Dominasi pasukan Luis Enrique berbuah hasil pada menit ke-21. Ivan Rakitic masuk ke kotak penalti dan melepaskan umpan silang ke tiang jauh. Luis Suarez sudah menunggu dan menanduk bola ke gawang Roma. Barcelona unggul 1-0.

Roma cuma butuh sepuluh menit untuk menyamakan kedudukan melalui Florenzi. Marc-André ter Stegen berdiri terlalu jauh dari gawangnya sehingga Florenzi mampu melepaskan tembakan jarak jauh yang menggetarkan jala Barcelona. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, Barcelona punya banyak peluang untuk kembali unggul. Salah satunya lewat Lionel Messi pada menit ke-78. Sayang, tembakan bintang asal Argentina itu cuma mengenai mistar gawang. Kedudukan tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Dengan hasil ini, Barcelona berbagi tempat di posisi kedua klasemen grup E. Puncak klasemen ditempati oleh Bayer Leverkusen, yang menang 4-1 atas tamunya BATE Borisov. Dua gol Leverkusen dicetak Hakan Calhanoglu, sedangkan sisanya diciptakan Admir Mehmedi dan Javier Hernandez.

Susunan pemain

AS Roma: 25-Wojciech Szcz?sny (26-Morgan De Sanctis 50); 24-Alessandro Florenzi (7-Juan Iturbe 82), 2-Antonio Rudiger, 44-Kostas Manolas, 3Lucas Digne; 4-Radja Nainggolan, 20-Seydou Keita; 14-Iago Falque (7-Juan Iturbe 82), 9-Edin Dzeko, 11-Mohammed Salah
Pelatih: Rudi Garcia

Barcelona: 1-Marc-André ter Stegen ; 20-Sergio Roberto, 24-Jeremy Mathieu, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (12-Rafinha Alcantara 62) (14-Javier Mascherano 65), 8-Andres Iniesta, 5-Sergio Busquets; 11-Neymar, 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi
Pelatih: Luis Enrique

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com