Kompas.com - 03/06/2015, 07:31 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
ZURICH, KOMPAS.com - Pihak Kejaksaan Swiss tidak akan menginvestigasi Sepp Blatter setelah resmi mengundurkan diri sebagai presiden FIFA pada Selasa (2/6/2015). Menurut pernyatan Kejaksaan Swiss, pengunduran diri Blatter tidak berkaitan dengan penangkapan para pejabat tinggi FIFA, beberapa waktu lalu.

"Kantor Jaksa Agung Swiss (OAG) telah mengambil catatan dari pengumuman pengunduran diri Joseph S Blatter sebagai presiden FIFA," tulis pernyataan resmi Kejaksaan Swiss.

"OAG telah membuka proses pidana terhadap orang-orang yang dicurigai melakukan tindak kriminal dan pencucian uang. Joseph S Blatter tidak akan diselidiki oleh OAG. Pengunduran dirinya tidak memiliki pengaruh terhadap proses pidana yang sedang berlangsung," lanjut pernyataan tersebut.

Seperti diketahui, Kepolisian Swiss menangkap enam anggota Komite Eksekutif FIFA di Hotel Baur au Lac, Zurich. Padahal, FIFA saat itu tengah melaksanakan kongres di hotel bintang lima tersebut. Adapun kongres sudah berlangsung sejak Senin (25/5/2015).

Tuduhannya antara lain pencucian uang, pemerasan, dan penipuan transaksi selama 20 tahun terakhir. Total nilai kasus lebih dari 100 juta dollar AS.

Rencananya, keenam pejabat yang ditangkap itu akan diekstradisi ke Amerika Serikat untuk dilimpahkan ke Kejaksaan New York.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.