Kompas.com - 30/05/2015, 21:26 WIB
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAYAPURA, KOMPAS.com
 — Menyusul dikeluarkannya sanksi dari FIFA kepada PSSI, klub Persipura Jayapura dipastikan tidak bisa melanjutkan penampilan mereka di ajang Piala AFC 2015. Meski demikian, tim Mutiara Hitam tetap bangga karena tersingkir tanpa pernah kalah.

Melalui akun Twitter @Persipura_, klub asal Papua itu menyatakan bahwa kesempatan untuk melaju ke perempat final telah tertutup akibat adanya sanksi FIFA. "Indonesia resmi dibanned oleh FIFA, sudah tak ada lagi kesempatan bertanding. Selamat untuk @FAPahang yang lolos ke babak quarter-final," bunyi di akun tersebut.

Persipura berhasil melaju ke babak 16 besar setelah menjuarai Grup E dan berhadapan Pahang FA. Pertandingan kedua tim seharusnya digelar di Jayapura, tetapi ditunda karena tiga pemain klub Malaysia tersebut tidak mendapatkan visa dari Indonesia.

Dengan tersingkirnya Persipura, Pahang secara otomatis lolos ke babak selanjutnya. "Semoga semua punggawa Mutiara Hitam diberikan kesabaran melewati semua ini. Kalian keluar dari turnamen tanpa kalah dari siapapun. #pride," tulis akun Persipura.

FIFA resmi menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia setelah menggelar emergency meeting Komite Eksekutif di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015). "Sanksi bagi PSSI langsung berlaku dan untuk waktu yang tidak ditentukan sampai PSSI bisa mematuhi peraturan Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA," demikian bunyi pernyataan FIFA dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Jerome Valcke.

Dalam surat itu, FIFA menyatakan bakal mencabut sanksi untuk Indonesia jika PSSI menyelesaikan permasalahan tanpa adanya ikut campur pihak ketiga. Selain itu, FIFA juga meminta agar tanggung jawab tim nasional dan seluruh kompetisi sepak bola Indonesia diserahkan kepada PSSI. (Baca FIFA Jatuhkan Sanksi untuk Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.