Prediksi Liga Inggris: Perseteruan Merebut Posisi di Zona Liga Champions

Kompas.com - 28/02/2015, 07:44 WIB
Gita Suwondo BEIN SPORTGita Suwondo
EditorTjatur Wiharyo

Oleh Gita Suwondo
Gita Suwondo adalah beIN SPORTS Football Expert. Analisis Gita Suwondo untuk laga berikutnya pekan ini bisa disaksikan di beIN SPORTS 1.

KOMPAS.com - Memasuki pekan ke-27 Barclays Premier League, perseteruan yang akan menyita banyak perhatian adalah perebutan jatah Inggris di Eropa musim 2015-2016 mendatang. Sulit dibantah bahwa dua dari empat tiket zona Liga Champions akan menjadi milik Chelsea dan Manchester City yang sekarang ada di puncak klasemen dengan perbedaan lima poin.

Perseteruan keduanya juga bakal memanas dengan City tandang ke Anfield, dan Chelsea akan ke Wembley menghadapi Toittenham Hotspur dalam final Capital One Cup. Artinya, peluang City untuk memangkas keunggulan The Blues hanya menjadi dua angka.

Sedangkan dua tiket sisa zona Liga Champions lainnya akan diperebutkan oleh 5 klub. Dengan Tottenham Hotspur akan berjuang untuk setidaknya memastikan jatah zona Liga Eopa ada ditangan mereka jika memenangkan piala liga di Wembley menghadapi Chelsea, laga laga yang melibatkan Arsenal, Manchester United, Southampton, Liverpool dan West Ham United akan sangat menarik.

ARSENAL Vs EVERTON ( LIVE beINSPorts 1, Minggu, 1 Maret – 21.05 WIB )
Kekalahan menghadapi AS Monaco dalam perdelapan liga Champion membuktikan bahwa konsisten adalah masalah besar Arsenal. Bermain dengan pola ball-possesion, saat menghadapi lawan yang total bertahan selalu menyulitkan The Gunners. Penjaga gawang Monaco, Danijel Subasic membuktikan dengan membuat frustasi anak asuhan Arsene Wenger lewat 3 penyelamatan dari 4 shot on goal yang dilakukan Alex Ox Chamberlain dkk.

Tamu The Gunners berikutnya juga punya sosok dibawah mistar yang mampu melakukan hal yang sama. Tim Howard, sejak kembali dari cedera memperlihatkan kegemilangannya. Enam penyelamatan melawan Chelsea, dua penyelamatan saat menghadapi Leicester City, delapan penyelamatan saat Young Boys of Berne memborbardir gawangnya di leg pertama dan dua penyelamatan lainnya saat menjamu wakil Swiss itu di leg kedua yang membuat Everton bertahan sebagai satu satunya wakil Inggris di 16 besar Liga Eropa.

Tak dipungkiri bahwa rekor kandang Arsenal bicara sendiri. Sejak dikalahkan oleh Manchester United akhir November, Sembilan laga berikutnya di The Emirates disemua kompetisi berakhir dengan kemenangan, sebelum anak asuhan Leonardo Jardim yang dikenal dengan pertahanan solidnya membuat frustasi Olivier Giroud dkk. Jika sudah gagal menembus pertahan lawan, ruang belakang The Gunners akan terbuka. Kendala utama mereka tetap pada konsistensi bertahan terhadap bola bola mati dan crossing.

Harus diingat bahwa dalam tiga laga terakhir disemua kompetisi, Romelu Lukaku sangat gemilang. Lima gol dalam dua leg menghadapi Young Boys dan satu gol kegawang Leicester City yang menyelamatkan The Toffess dari kekalahan.

Jika mampu mengatasi aerial duel dari striker Everton itu dan juga tidak frustasi terhadap kemungkinan pendekatan bertahan Roberto Martinez, peluang terbesar bagi tuan rumah untuk menang dan bertahan di posisi ketiga klasemen sementara. ARSENAL 55 – 45 EVERTON

LIVERPOOL Vs MANCHESTER CITY ( LIVE beINSports 3, Minggu, 1 Maret – pkl. 19.00 WIB )
Lupakan Liga Eropa. Konsentrasi harus pada piala FA menghadapi Blackburn Rovers minggu depan dan utamanya adalah laga melawan Manchester City minggu ini untuk menjaga asa Liverpool kembali ke Eropa musim depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X