Kompas.com - 11/09/2014, 17:03 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
MALANG, Kompas.com - Arema Cronus Indonesia sangat berharap Persipura Jayapura bisa menjadi juara AFC Cup musim ini. Pasalnya, jika Persipura sukses mengangkat trofi itu maka Arema bisa melaju ke Liga Champions Asia.

Saat ini Persipura sudah menjejakkan kakinya di semifinal AFC Cup. Mutiara Hitam hanya perlu dua langkah lagi untuk membawa nama klub Indonesia menorehkan sejarah baru menjadi juara event tersebut, sekaligus menguak harapan Arema bermain di Liga Champions Asia.

"Kami berdoa agar Persipura bisa juara, agar juara ISL nanti bisa ke Liga Champions," kata Rudy Widodo, manajer Arema Cronus.

Ini dikarenakan, musim depan belum tentu juara Indonesia Super League (ISL) musim ini, bisa mewakili Indonesia di kompetisi sepak bola paling bergengsi antarklub Asia, Liga Champions Asia (LCA) 2015. Karena bagi tim yang bisa ke Liga Champion Asia, kompetisinya harus berada minimal di 16 besar Asia dalam peringkat FIFA. Sementara Indonesia saat ini berada di 24 besar.

PT Liga Indonesia sempat melakukan simulasi, untuk menafsirkan skor akhir Indonesia untuk tampil di Liga Champions Asia. Kalau pun bisa naik paling tinggi berada di peringkat 19 atau 20 Asia, sehingga sulit bagi Indonesia untuk masuk ke peringkat 16 besar. Tetapi peluang itu ada jika jika Persipura berhasil menjadi juara AFC Cup.

Nah, cara lain untuk meningkatkan indeks kompetisi ISL adalah menggelar babak delapan yang menggunakan format home and away dengan dengan kompetisi penuh. Sebab, dalam satu musim kompetisi, klub di ISL yang bisa berlaga di Liga Champions, minimal harus melakoni 28 pertandingan.  

ISL musim ini, yang terbagi menjadi dua grup, memiliki konsekuensi klub hanya bermain total sebanyak 20 pertandingan untuk menyelesaikan kompetisi di wilayahnya masing-masing. Itulah yang menyebabkan PT Liga Indonesia membuat format kompetisi delapan besar dengan sistem home-away, agar tim juara ISL nantinya menyelesaikan total 28 kali pertandingan.

"PT Liga Indonesia berpikiran positif, setiap peluang untuk lolos ke Liga Champions dilakukan. Karena itu format delapan besar pakai home-away," kata Ruddy.

Jika Persipura bisa menjadi juara, tentu akan memengaruhi peringkat di AFC. Dengan demikian, juara ISL nantinya bisa mengikuti Liga Champions.

"Semuanya harus mendoakan agar Persipura juara. Ini bukan hanya kepentingan Persipura, melainkan kepentingan sepak bola Indonesia," kata Ruddy.

Selain peringkat FIFA, klub-klub Indonesia harus memiliki lisensi, sebagai syarat yang dibutuhkan agar bisa kembali berlaga di Liga Champions Asia. Arema telah mendapat lisensi, yang mana itu (lisensi) meliputi badan hukum, infrastruktur, finansial, supporting, dan pengembangan pemain muda.

Ruddy menjelaskan, dengan format babak delapan besar home away, jadwal pertandingan akan sangat padat.

"Itu telah menjadi risiko, karena musim ini, banyak agenda besar. Selain bulan Ramadhan, juga terdapat Pemilu, Piala Dunia, dan Timnas. Karena itu kami harus pandai-pandai untuk membuat program latihan, agar pemain tidak kelelahan dan jenuh," tambahnya.

Itulah yang membuat manajemen Arema berencana melakukan latihan di beberapa desa, untuk membuat para pemain kembali bugar. "Latihan ke desa-desa, selain untuk merekatkan Arema dengan masyarakat, juga agar pemain tidak jenuh," kata Ruddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.