Kosta Rika Kalah Adu Penalti, Belanda Tantang Argentina di Semifinal

Kompas.com - 06/07/2014, 05:52 WIB
Para pemain tim nasional Belanda saat ingin merayakan kemenangan atas Kosta Rika pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (5/7/2014). Belanda berhasil menang 4-3 lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 0-0 hingga babak tambahan. 
AFP / DAMIEN MEYERPara pemain tim nasional Belanda saat ingin merayakan kemenangan atas Kosta Rika pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (5/7/2014). Belanda berhasil menang 4-3 lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 0-0 hingga babak tambahan.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
SALVADOR, KOMPAS.com - Belanda melaju ke semifinal Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Kosta Rika lewat babak adu penalti pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (5/7/2014).

Skor selama 120 menit bertahan tanpa gol. Pada drama adu penalti, Belanda mampu menang 4-3 atas Kosta Rika.

Pelatih Louis van Gaal memainkan susunan pemain yang berbeda ketimbang biasanya. Kali ini, Georginio Wijnaldum, Dirk Kuyt, dan Memphis Depay dipercaya tampil sejak menit awal.

Sementara kubu Kosta Rika menurunkan susunan pemain terbaik. Hanya Oscar Duarte yang mendapat skors tidak bermain. Posisi Duarte diganti oleh Johnny Acosta.

Kesempatan besar Belanda unggul baru tercipta pada menit ke-21. Umpan silang Kuyt diterima Depay di sisi kiri. Depay lantas memberikan umpan kepada Robin van Persie yang langsung melepaskan tendangan, namun masih bisa ditepis Keylor Navas. Bola muntah disambut Wesley Sneijder yang sayangnya kembali bisa diamankan Navas.

Pada menit ke-29, Navas kembali menunjukkan kelas sebagai kiper hebat. Kali ini, upaya Depay melalui tendangan kaki kiri bisa dihentikan penjaga gawang yang bermain untuk Levante itu.

Belanda memegang kendali penuh permainan sepanjang babak pertama. Kosta Rika meski tampil bertahan, tetap memberikan perlawanan berarti lewat serangan balik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memasuki menit ke-39, Belanda kembali berpeluang unggul. Tendangan bebas Sneijder melesat kencang ke pojok gawang Kosta Rika. Akan tetapi, Navas melakukan penyelamatan dengan refleksnya yang luar biasa.

Selepas turun minum, Belanda masih menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali Robben dan kawan-kawan kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Namun, Kosta Rika juga bukan tanpa ancaman. Bahkan, mereka hampir saja unggul lebih dulu pada menit ke-65, jika bola sundulan Geancarlo Gonzalez tidak dapat ditepis dengan baik oleh kiper Belanda, Jesper Cillessen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.