Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2014, 05:43 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com -- Pemain belakang Gregory van der Wiel, yang bermain pada laga final Piala Dunia 2010, tak masuk dalam daftar 30 pemain sementara tim nasional Belanda yang dirilis pelatih Louis van Gaal, Selasa (13/5/2014). Bek kanan Paris Saint-Germain ini memang sedang dalam performa buruk pada musim ini di samping cedera, sehingga Van Gaal tak memanggilnya.

Sementara itu, sang pelatih justru mempromosikan pemain muda berbakat yang belum pernah membela Oranje, Terence Kongolo (20 tahun) serta Tonny Vilhena (19 tahun). Kedua pemain tersebut merupakan pemain Feyenoord Rotterdam.

Patrick van Aanholt, yang dipinjamkan Chelsea ke Vitesse Arnhem, secara mengejutkan juga dipanggil. Dia melakukan debutnya bersama tim nasional Negeri Kincir Angin tersebut ketika masuk sebagai pemain pengganti dalam laga persahabatan pada November lalu.

Wesley Sneijder, yang sempat melontarkan kritikan menjelang pengumuman daftar skuad sementara ini sebagai reaksi atas keputusan Van Gaal mengubah taktik tim, juga dipanggil. "Tentu saja sesuatu telah berubah dalam hierarki," ujar Sneijder, yang telah 97 kali membela Belanda dan memegang ban kapten sampai Van Gaal memberikannya kepada Robin van Persie tahun lalu.

Sebelumnya, Van Gaal mengatakan bahwa dia akan mengubah sistem menjadi 5-3-2 saat tampil dalam turnamen di Brasil. Itu dilakukannya setelah berdiskusi dengan Van Persie dan Arjen Robben, dan mendapatkan dukungan penuh dari dua pemain senior itu.

Dari 30 nama yang dipanggil, Van Gaal akan mencoret tujuh orang pada 2 Juni mendatang. Sebanyak 23 pemain terpilih nanti akan diboyong ke Brasil untuk membela Belanda, yang akan mengawali kompetisi dengan melawan juara bertahan Spanyol pada 13 Juni di Salvador. Ini akan menjadi laga ulangan final Piala Dunia 2010. Belanda tergabung di Grup B bersama dengan Spanyol, Australia, dan Cile.

Daftar skuad sementara Belanda

Penjaga gawang: Jasper Cillessen (Ajax), Michel Vorm (Swansea City), Tim Krul (Newcastle United), Jeroen Zoet (PSV)

Pemain belakang: Paul Verhaegh (Augsburg), Patrick van Aanholt (Vitesse), Daryl Janmaat (Feyenoord), Joel Veltman (Ajax), Stefan de Vrij (Feyenoord), Ron Vlaar (Aston Villa), Bruno Martins Indi (Feyenoord), Karim Rekik (PSV), Terence Kongolo (Feyenoord), Daley Blind (Ajax)

Gelandang: Leroy Fer (Norwich City), Nigel de Jong (AC Milan), Jordy Clasie (Feyenoord), Jonathan de Guzman (Swansea City), Georginio Wijnaldum (PSV), Wesley Sneijder (Galatasaray), Rafael van der Vaart (Hamburg), Tonny Vilhena (Feyenoord)

Striker: Quincy Promes (Twente), Arjen Robben (Bayern Muenchen), Jean-Paul Boetius (Feyenoord), Robin van Persie (Manchester United), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke), Dirk Kuyt (Fenerbahce), Jeremain Lens (Dynamo Kiev), Memphis Depay (PSV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+